Karir dengan Gaji Selangit untuk Wanita

Sudah bukan rahasia kalau perempuan dengan sifatnya yang multitasking dikenal bisa melakukan banyak hal sekaligus. Bukan saja menjadi isteri, menjadi ibu, dan memiliki pendidikan tinggi, tetapi juga menjadi wanita karir. Karirnya pun bukan karir sembarangan. Adakalanya, karir itu bahkan menjanjikan gaji selangit alias di atas rata-rata.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, sebagaimana dilansir collageconsencus, pada tahun 1979 pendapatan wanita adalah 62 persen dari pendapatan pria. Kesenjangan ini terus menyempit sepanjang tahun 80-an dan 90-an, hingga sekarang.

Kini, wanita membuat langkah besar dengan menduduki berbagai posisi penting di perusahaan atau institusi. Tak sedikit bahkan memiliki penghasilan yang sangat tinggi. Nah, karir apa saja yang menjanjikan gaji selangit untuk wanita itu?

CEO (Chief Executive Officer)

Seorang CEO umumnya bertanggung jawab atas visi dan strategi keseluruhan perusahaan. Mereka bekerja untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi tujuan mereka. CEO biasanya ditemukan di berbagai industri sektor publik dan swasta.

Jika bicara penghasilan, posisi ini tentu saja menjanjikan gaji selangit. Paling tinggi diantara posisi lainnya di perusahaan, bahkan. Meski begitu, mereka juga bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dan pada dasarnya bertanggung jawab atas keberhasilan perusahaan. Saat ini, posisi paling penting di perusahaan ini banyak dihuni oleh wanita. Sebut saja Mary Barra, yang menjadi CEO General Motors, hingga Dian Siswarini yang menjabat sebagai CEO XL Axiata.

Mengacu pada situs Fairygodboss, seorang CEO membukukan penghasilan tahunan sebesar USD183,270 atau setara Rp 2,6 miliar.

Pengacara

Disebut sebagai karir lainnya yang menjanjikan gaji selangit, pengacara pada dasarnya bertugas untuk memberi nasihat dan mewakili lembaga pemerintah, bisnis atau individu dalam masalah hukum atau perselisihan.

Mereka menafsirkan hukum dan meneliti preseden hukum. Pun demikian menyajikan fakta dan menyiapkan serta mengajukan dokumen. Para pengacara inilah yang berkomunikasi dengan klien, hakim, petugas penegak hukum, dan kolega, dan berdebat atas nama kliennya. Di Amerika Serikat, ada sejumlah pengacara wanita yang begitu populer, diantaranya Hillary Clinton dan Sandra Day O’Connor yang menjadi Hakim wanita pertama di Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Diperkirakan, profesi ini mendatangkan pendapatan tahunan sekitar USD119,250 atau setara Rp 1,7 miliar.

Manajer IT

Manajer komputer dan sistem informasi — juga dikenal sebagai manajer IT umumnya merencanakan, mengoordinasikan, mengimplementasikan, dan menganalisis proyek yang berhubungan dengan komputer.

Tanggung jawab mereka mungkin melibatkan pekerjaan langsung di kedua perangkat lunak dan perangkat keras, pengembangan database desain web, serta pekerjaan menyeluruh merancang pendekatan dan strategi TI perusahaan.

Sebagian besar manajer TI memiliki gelar sarjana di bidang terkait, meskipun banyak yang memiliki gelar sarjana yang lebih spesifik. Dan jika bicara penghasilan, seorang manajer IT wanita bisa menghasilkan setidaknya USD89,804 atau sekitar Rp 1,3 miliar setiap tahunnya.

Ahli bedah

Ahli bedah adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengevaluasi dan merawat kondisi yang mungkin memerlukan pembedahan, atau mengubah tubuh manusia secara fisik. Mereka mendiagnosis atau mengobati penyakit atau cedera. Di ruang operasi, mereka memimpin tim dokter dan perawat lain untuk memastikan bahwa prosedur berjalan lancar.

(Baca juga: Wanita dan Teknologi, Ini Bukti Kalau Mereka “Klop”!)

Ada banyak jenis ahli bedah dalam dunia kedokteran, termasuk ahli bedah umum, ahli bedah saraf, hingga ahli bedah jantung. Menurut laporan fairygodboss, para doker ini diperkirakan mendapatkan gaji sebesar USD208,000 atau sekitar Rp 3 miliar per tahun.

Software Developer

Profesi ini biasanya memiliki tugas untuk mengidentifikasi fungsionalitas inti, kinerja, dan kebutuhan keamanan untuk menghasilkan solusi perangkat lunak. Mereka meningkatkan sistem yang ada untuk efisiensi yang lebih besar. Mereka juga bekerja sama dengan programmer untuk menjelaskan pengkodean yang mereka butuhkan untuk aplikasi tertentu. Mereka jugalah yang menentukan bagaimana berbagai aplikasi akan bekerja sama.

Bicara tentang developer wanita paling terkenal di dunia, sebagian dari kita mungkin familiar dengan Jade Raymond, sang pencipta game terkenal Assassin’s Creed. Selain itu, ada juga Sara Haider, Software Engineer di Twitter.

Mau tahu berapa besar gaji yang mereka dapat setiap tahunnya? Masih menurut fairygodboss, gaji seorang developer sekitar USD103,560 atau setara Rp 1.5 miliar.

Selain beberapa pekerjaan di atas, karir lainnya yang menjanjikan gaji selangit bagi para wanita adalah analis, programer komputer, manajer sales dan produser. Kesemuanya diperkirakan menjanjikan pendapatan antara USD71,000 – USD82,000.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "Karir dengan Gaji Selangit untuk Wanita"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X