Lakukan 4 Hal ini Saat Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara

Wawancara merupakan tahapan pamungkas dalam suatu rangakaian recruitment kerja. Terkadang kelancaran kita dalam menyelesaikan proses wawancara ini, sangat menentukan apakah kita akan diterima atau tidak dipekerjaan tersebut. Oleh karena itu, biasanya kamu memberikan lebih banyak effort untuk mempersiapkan tahapan ini.

Namun sekalipun sudah melakukan persiapan yang matang, sering kali hal yang tidak terduga masih bisa terjadi, seperti kamu tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Berikut tipsnya.

  1. Jangan panik & tetap tenang

Jika kamu pani dan tetap tenang, pasti kamu tidak akan bisa berpikir dengan jernih. Tetaplah tenang, agar interviewer dapat melihat bahwa kamu sudah mempersiapkan dengan baik wawancara ini. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengatur napasmu dengan baik. Cobalah bernapas dengan ritme yang pelan dan stabil. Aliran oksigen yang secara teratur bergerak menuju otakmu akan membantumu untuk berpikir lebih jernih menganai bagaimana kamu harus merespon pertanyaan-pertanyaan wawancara yang mungkin datang di luar dugaanmu.

  1. Dapatkan waktu lebih banyak untuk berpikir

Jika interviewer memberikan pertanyaan yang diluar dugaan kamu, gunakan pertanyaan tersebut untuk membeli waktu. Misalnya, pada saat interviewer menanyakan bagaimana kamu mengatasi konflik yang ada di dalam tim. Kamu dapat mengklarifikasi ulang pertanyaan tersebut dengan menanyakan misalnya konflik seperti apa yang diharapkan oleh interviewer, atau apakah konflik harus di dalam tim satu divisi atau antar divisi. Seluruh pertanyaan klarifikasi yang kamu ajukan dapat memberikanmu waktu lebih banyak untuk berpikir.

  1. Jangan malu untuk menceritakan pengalamanmu

Idealnya interviewer akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan CV yang kamu bawa. Namun, sering juga interviewer menanyakan hal-hal yang diluar CV kamu. Biasanya hal ini terjadi kalo kamu melamar pekerjaan yang tidak sejalan dengan latar belakang pendidikan kamu.

Sebagai contoh, kamu akan melamar di posisi pemasaran, namun latar belakangmu adalah di bidang finansial. Mungkin pertanyaan yang akan diberikan kepada kamu tentu saja akan berkaitan dengan pemasaran.  Disinilah pengalaman kamu akan bermanfaat.  Bicarakan terlebih dahulu apa yang kamu tahu dan kamu pelajari dari bidang yang akan kamu ambil, ceritakan pengalamanmu dan kontribusi apa yang dapat kamu berikan kepada divisi pemasaran dengan latar belakang finansial.

Catatan:

Penting juga untuk selalu meng-update CV kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jika tidak sejalan dengan latar belakang pendidikan kamu, usahakan untuk mencantumkan pengalaman kerja, magang atau organisasi yang mungkin sejalan dan berkaitan dengan posisi tersebut. Jangan malas untuk update CV kamuy a.

  1. Terbukalah mengenai apa yang terjadi dan katakan yang sejujurnya

Jika dengan tips-tips diatas kamu masih belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, kamu bisa mengatakan dengan jujur bahwa kamu belum bisa menjawab pertanyaan tersebut terutama jika pertanyaan berkaitan dengan data atau suatu hal yang harus diriset. Kamu bisa katakan setelah wawancara ini berakhir kamu akan berusaha menemukan jawabannya dan mengirimkan email ke interviewer jawaban dari pertanyan tersebut. Dengan demikian kamu bisa menunjukan sikap jujur tetapi juga pantang menyerah.

Pada akhirnya, persiapan yang matang tentu akan membuahkan hasil yang baik, sehingga selalu persiapkan dirimu dengan baik. Pelajarilah hal – hal yang perlu kamu tahu untuk menjalani proses wawancara kamu dan tentunya jangan malas untuk selalu meng-update CV kamu ya.

 

Source: www.glints.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

October 22, 2018

0 responses on "Lakukan 4 Hal ini Saat Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X