Lakukan Hal Ini Saat Kamu kalah Performa Dari Karyawan Baru

Dalam banyak kasus yang ditemukan di berbagai perusahaan, persaingan atau gap antara karyawan baru dan karyawan lama dari sisi performa menjadi hal yang lazim ditemukan. Bahkan, tidak sedikit karyawan baru memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan sehinga memiliki etos kerja yang baik ketimbang karyawan lama. Terlebih yang menyukai senioritas tinggi, meskipun memiliki level yang sama dengan karyawan baru.

Memang dilematis, namun merasa tersaingi dengan hadirnya karyawan baru dan memiliki performa yang baik dalam dunia kerja tak melulu berarti buruk. Setidaknya, secara professional kondisi tersebut sangat baik untuk mendongkrak motivasi dan semangat kerja, bukan saja karyawan baru tetapi juga karyawan lama.

Pada dasarnya, tidak ada seorangpun yang suka bekerja dengan karyawan dengan kinerja buruk (tidak memuaskan), karena prosesnya akan menjadi tidak nyaman dan rumit. Akan tetapi, jika hal ini dibiarkan begitu saja, para karyawan dengan kinerja buruk tersebut dapat menjadi pengaruh buruk bagi bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya mempengaruhi angka produktifitas tetapi juga moral dan kinerja seluruh bagian di perusahaan.

Dan yang harus disepakati bersama adalah membiarkan para karyawan berkinerja buruk untuk berhenti mungkin merupakan solusi mudah dan bahkan menggoda untuk dilakukan jika mereka tidak berkontribusi bagi perusahaan, namun bisa jadi tidak semuanya buruk. Selain itu, hal ini akan meningkatkan biaya perusahaan untuk perekrutan, pelatihan, dan juga penurunan produktifitas. Oleh karena itu, berusaha mengubah para karyawan dengan kinerja buruk ini akan jauh lebih efektif daripada mengganti mereka.

(Baca juga: Problem Solving Skill, dan Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkannya)

Nah, buat kamu yang pernah merasakan kalah performa dengan karyawan baru yang selevel, sebaiknya ketahui hal-hal yang bisa kamu lakukan agar performa bisa stabil dan meningkat. Apa saja?

1. Kenali dan pahami akar masalah atau penyebabnya

Saat kamu mengetahui performa kamu kalah dari karyawan baru, kamu harus bisa mereview dan mengenali serta memahami akar masalahnya, kenapa bisa memiliki kinerja yang buruk. Kamu harus menjaga profesionalisme, bersikap tenang dan hindari semua konfrontasi yang emosional. Temukan juga kesulitan-kesulitan yang dihadapi mulai dari pertimbangkan faktor-faktor seperti masalah kehidupan pribadi, penyakit, tingkat stress atau kesehatan mental atau bahkan faktor-faktor yang mungkin berasal dari tempat kerja seperti bullying atau perlakuan menyimpang lainnya dari orang-orang di tempat kerja.

2. Perjelas ekspektasi dan diskusikan hal-hal yang dapat memotivasi kamu

Ketika sudah mengetahui akar masalahnya, kamu dapat mencari solusi untuk masalah yang dihadapi. Tetap rendah diri dan coba untuk mendiskusikan dengan pimpinan agar bisa mendongkrak kinerja kamu.

3. Buatlah Rencana untuk Peningkatan Kinerja (Performance Improvement Plan)

Buat rencana untuk meningkatkan kinerja. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kinerja para karyawan, dengan harapan akan ada perubahan. Jika perlu bicarakan dengan HR untuk mengevaluasi dan mengembangkan perencanaan tersebut bersama-sama agar mendapatkan solusi terbaik untuk meningkatkan performa diri, mulai dari mereview objektif/tujuan yang spesifik dan terukur.

4. Terus Berlatih, Sering memantau kinerja

Ketika perencanaan sudah ditetapkan, sebaiknya lakukan sesuai rencana agar kamu bisa secara teratur memantau perkembangannya. Minta masukan secara teratur dari rekan kerja atau atasan, baik mingguan, dua mingguan, atau bulanan, untuk memastikan bahwa kamu berada di jalur yang benar dan untuk menghadapi masalah yang muncul sehari-hari.

5. Terapkan Disiplin Tinggi

Disiplin menunjukkan itikad baik kamu kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja. Sebab dengan disiplin, kekalahan kamu dalam hal ferforma dari karyawan baru, bisa tergantikan.

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

0 responses on "Lakukan Hal Ini Saat Kamu kalah Performa Dari Karyawan Baru"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X