Lakukan Hal Ini Saat Membuat Kesalahan di Tempat Kerja

Semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Dimana pun dan pada siapa saja. Dalam banyak situasi, kita dapat memperbaiki kesalahan itu atau melupakannya. Meski begitu, ada tempat-tempat dimana kesalahan yang kita buat bisa berdampak lebih serius. Membuat kesalahan di tempat kerja, misalnya.

Betapa tidak, membuat kesalahan di tempat kerja bukan saja bisa berakibat pada terancamnya karir kita, ini juga dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, entah itu melibatkan hukum, atau bahkan membahayakan kesehatan atau keselamatan orang.

Namun, laiknya manusia itu sendiri, yang tak pernah luput dari kesalahan, kesalahan-kesalahan pun bukannya tak termaafkan. Bahkan yang dilakukan di tempat kerja. Selalu ada hal yang bisa dilakukan untuk menanggapi itu.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat membuat kesalahan di tempat kerja, sebagaimana dilansir thebalancecareers.

Jangan Takut Mengakui Kesalahan

Segera setelah kita menemukan ada yang tidak beres, sesegera itu juga beri tahu atasan kita. Satu-satunya pengecualian adalah, tentu saja, jika kita membuat kesalahan kecil yang tidak akan memengaruhi siapa pun atau jika kita dapat memperbaikinya sebelum kesalahan itu terjadi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Social Skill, dan Kenapa Penting?

Jika tidak, jangan mencoba menyembunyikan kesalahan. Karena jika kita melakukannya, itu bisa membuat terlihat jauh lebih buruk, dan orang lain bahkan bisa menuduh kita menutup-nutupi kesalahan tersebut. Jadi, bersikap terbukalah dan gentle dalam mengakui kesalahan.

Tunjukkan bahwa kita punya rencana untuk memperbaiki kesalahan

Mengakui kesalahan memang baik. Tapi itu saja tidak cukup. Kita juga perlu membuat rencana untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan menyampaikannya kepada atasan. Kecuali, jika kita memang benar-benar tidak bisa menemukan cara untuk memperbaiki itu. Jangan buang-buang waktu. Namun tetap tunjukkan bahwa kita berusaha menemukan solusi untuk itu.

Jangan salahkan orang lain

Dalam lingkungan yang berorientasi pada tim, ada kemungkinan besar orang lain juga bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Sementara orang-orang biasanya senang menerima pujian atas keberhasilan, mereka enggan mengakui kesalahan.

Meski begitu, jangan sekali-sekali menimpakan kesalahan pada seseorang atau menyalahkan orang lain demi lolos dari pertanggung jawaban.

Minta Maaf tapi jangan salahkan diri sendiri

Ada perbedaan besar antara mengambil tanggung jawab dan menyalahkan diri sendiri. Mengakui kesalahan adalah hal yang tepat, tetapi jangan memarahi diri sendiri karena telah melakukan itu, terutama di depan umum. Minta maaf, dan buat atasan fokus hanya pada cara kita memperbaiki kesalahan, dan bukan pada kesalahan itu sendiri.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Lakukan Hal Ini Saat Membuat Kesalahan di Tempat Kerja"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X