7 Manfaat Luar Biasa Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing. Kenyataan bahwa kita tak hidup sendirian di dunia ini telah membuat kita untuk selalu mencoba mengenali apa yang ada di sekitar kita. Dari sekedar tahu siapa namanya, dimana tempat tinggalnya, hingga bagaimana caranya untuk bisa berkomunikasi dengannya. Untuk hal terakhir, kita butuh apa yang dipanggil sebagai bahasa.

Bahasa sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Di dunia ini, kita mengenal ada begitu banyak bahasa yang digunakan. Dari yang biasa kita dengar dalam percakapan sehari-hari di rumah dan lingkungan sekitar, hingga yang sama sekali asing di telinga.

Nah, dengan dunia yang semakin mengglobal, dimana mobilitas difasilitasi, belajar bahasa asing memiliki manfaat yang luar biasa. Apa saja ya kira-kira?

  1. Bertemu orang atau teman baru

Salah satu manfaat paling fenomenal dari belajar bahasa asing atau bahasa baru adalah terbukanya peluang bagi kita untuk bertemu orang baru. Dan ini bukan saja yang adanya di negara sendiri, tetapi juga seluruh dunia.

  1. Menjadi incaran para pemberi kerja

Orang dengan kemampuan bahasa kedua, apalagi ketiga (multibahasa) tak dimungkiri memiliki tempat terbaik di hati para pemberi kerja. Alasannya sederhana, mereka dapat berkomunikasi dan berinteraksi dalam berbagai komunitas. Calon pemberi kerja tentu saja menganggap ini sebagai aset berharga dalam rangkaian keterampilan karyawan, karena mereka dapat terhubung dengan lebih banyak orang.

3. Meningkatkan Memori

Adalah fakta, bahwa semakin banyak otak digunakan, maka semakin baik pula fungsinya. Hal sama berlaku ketika kita belajar bahasa baru atau asing. Ini tidak hanya membutuhkan keakraban dengan kosakata dan aturan, tetapi juga kemampuan untuk mengingat dan menerapkan pengetahuan itu.

(Baca juga: 10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia)

Belajar bahasa membuat ingatan kita bekerja dengan baik. Artinya, orang multibahasa memiliki otak yang lebih terlatih dan cepat mengingat nama, arah, fakta, dan angka.

  1. Bagus untuk bepergian

Filsuf Austria Ludwig Wittgenstein dikreditkan dengan mengatakan bahwa “batas bahasa Anda adalah batas dunia Anda,” dan dia benar.

Mengetahui lebih dari satu bahasa memungkinkan kita liburan ke banyak negara. Dimana bepergian ke negara asing menjadi lebih mudah dan jauh dari kebingungan. Tidak melulu harus fasih. Karena nyatanya penduduk setempat di mana pun menghargai bahwa kita telah meluangkan waktu untuk setidaknya berusaha belajar dan berkomunikasi dalam bahasa mereka.

  1. Meningkatkan kemampuan Multi-Tasking

Bagi yang tidak terbiasa, multi-tasking adalah pekerjaan yang membuat stres. Menurut sebuah studi dari Pennsylvania State University, orang-orang yang multibahasa dan mahir dalam berpindah dari satu sistem bahasa ke sistem bahasa lainnya berlatih pada pekerjaan yang sangat menuntut kerja otak ini. Umumnya, orang-orang multibahasa menjadi multi-tasker yang jauh lebih baik, dan terhindar dari stres.

  1. Lebih mudah dalam mempelajari Bahasa lainnya

Saat kita mulai belajar bahasa kedua, kita akan menemukan bahwa teknik akuisisi yang kita gunakan juga dapat diterapkan untuk mempelajari bahasa tambahan.

Efek kognitif positif dari belajar berbicara bahasa kedua dapat melatih otak untuk menganalisis dan memproses struktur linguistik yang berbeda.

  1. Mempertajam Pikiran

Belajar bahasa asing meningkatkan memori dan meningkatkan rentang perhatian. Proses menjadi bilingual ini mau tak mau akan membuat otak kita terlatih, menantang kita untuk berkonsentrasi dan meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah.

Sebuah studi dari Universitas Pompeu Fabra Spanyol, sebagaimana dilansir etoninstitute, mengungkapkan bahwa orang multibahasa lebih baik dalam mengamati lingkungannya. Mereka dengan mudah melihat apa pun yang tidak relevan atau menipu. Mereka juga lebih baik dalam mengenali informasi yang menyesatkan.

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

Total votes: 4

Upvotes: 4

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "7 Manfaat Luar Biasa Belajar Bahasa Asing"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X