Login

Mengenal 7 Sleep Disorder yang Membuat Tidur Tidak Ideal

Bagi sebagian orang, memiliki tidur yang cukup, apalagi nyenyak, mungkin bukan perkara mudah. Terkadang, ada saja hal-hal yang membuat tidur terasa tidak ideal. Dalam artian, sebentar-sebentar terbangun, sebentar-sebentar merasa gelisah, sebentar lagi mengigau, dan sebagainya. Nah, inilah yang umumnya kita asosiasikan dengan sleep disorder atau gangguan tidur. Tapi apa iya?

Gangguan tidur atau sleep disorder sendiri nyatanya bukan sekadar sulit tidur, tidur tidak nyenyak, ataupun tidur kurang. Lebih dari itu, ini merupakan kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari stres, kelelahan ataupun pengaruh luar lainnya. Secara klinis, ini tidak bisa dikatakan sepele. Apalagi, gangguan tidur juga bukannya tidak mungkin akan membawa kita kepada penyakit lainnya.

Nah, sebelum hal itu terjadi, yuk kenali lebih jauh mengenai jenis-jenis gangguan tidur dan cirinya. Dengan begitu kita bisa lebih cepat dalam menemukan solusi atas apapun itu gangguan tidur yang kita alami.

Mendengkur

Mendengkur atau ngorok bisa dibilang bukan lagi hal aneh dalam proses tidur. Ini bisa dialami oleh siapapun, dari orangtua hingga anak kecil. Tapi, tahukah kalian bahwa mendengkur juga bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius pada kesehatan? Terlebih jika itu diserta sulit bangun tidur di pagi hari, merasa kurang tidur, mengantuk di siang hari dan mudah tertidur saat beraktivitas.

Insomnia

Diantara beberapa sleep disorder, Insomnia boleh dibilang adalah yang paling populer. Orang yang mengidap gangguan ini biasanya cenderung tidak pernah merasa cukup dengan jam tidurnya. Bukan terlalu banyak tidur, tetapi sebaliknya. Penderita gangguan ini juga sering sekali terbangun tiba-tiba di malam hari. Alasannya beragam, mulai dari stress, gelisah, depresi, obat-obatan, dan lainnya.

Parasomnia

Lain halnya dengan insomnia, yang lebih banyak diderita oleh orang dewasa, parasomnia menjadi masalah bagi anak-anak. Parasomnia biasanya akan menyerang seseorang dan melibatkan kegiatan fisik. Katakan saja berjalan sambil tertidur. Konon katanya, gangguan tidur ini muncul sebagai akibat trauma masa lalu yang pernah dialami sebelumnya.

(Baca juga: ‘Usir Lemak’ Selama Pandemi, 6 Olahraga Ini Bisa Jadi Opsi)

Hipersomnia

Jika insomnia menyebabkan seseorang sulit tidur, hipersomnia kebalikannya, membuat orang terlalu banyak tidur. Penderita gangguan ini biasanya akan memiliki porsi tidur yang lebih banyak ketimbang orang lain. Alih-alih malas, kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem syaraf ataupun metabolisme tubuh.

Sleep Apnea

Gangguan tidur yang satu ini biasanya terjadi akibat tersumbatnya saluran pernapasan yang ada di bagian atas. Pernapasan yang terhambat lantas membuat si penderita terbangun dari tidur. Gangguan ini bisa terjadi berulang kali yang ujungnya berdampak pada aktivitas di siang hari. Nah, mereka yang suka mendengkur biasanya akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami sleep apnea.

Sleep Paralysis

Ayo ngaku! Siapa yang pernah terbangun di malam hari gara-gara merasa seperti ada yang menindih? Jika ya, lupakan segala mitos dan hal-hal mistis lainnya. Karena nyatanya, ini adalah apa yang kita kenal dengan sleep paralysis.

Begini penjelasan ilmiahnya. Saat fase REM, aktivitas mimpi akan semakin meningkat serta otot-otot akan berdiam seakan akan mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan sementara ini merupakan kondisi untuk mengamankan diri agar tidak bertindak seperti apa yang sedang diimpikan. Namun, adakalanya kelumpuhan ini tetap dapat terjadi bahkan setelah terbangun sehingga dinamakan sleep paralysis.

Narkolepsi

Sama seperti namanya, sleep disorder yang satu ini juga aneh. Pasalnya si penderita bisa tiba-tiba mendadak tidur. Tanpa dia sendiri mampu untuk mempertahankan kesadarannya. Gangguan tidur yang satu ini biasanya disebabkan oleh REM (Rapid Eye Movement) yang membuat seseorang mengalami mimpi, seolah-olah orang itu mengalami penyerangan dalam kondisi sadar.

Narkolepsi bisa diatasi salah satunya dengan membiasakan diri hidup sehat atau mengubah gaya hidup dan mengurangi konsumsi obat-obatan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Mengenal 7 Sleep Disorder yang Membuat Tidur Tidak Ideal"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X