Login

Mengenal Sosok Mickey Mouse, sebagai Simbol Penyebaran Budaya AS

Siapa yang tak kenal dengan karakter kartun besutan Walt Disney bernama Mickey Mouse? Tokoh fiksi  berbentuk seekor tikus yang menjadi ikon bagi perusahaan besutan Walt Disney ini diciptakan oleh Ub Iwerks pada tahun 1920-an.

Mickey Mouse atau Miki Tikus lalu berkembang dari sekadar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Bagi negara kelahirannya, Amerika Serikat (AS), ia bahkan menjadi simbol dalam penyebaran budaya ke berbagai belahan dunia dan menjadi lambang keceriaan.

Presiden AS, Jimmy Carter suatu kali pernah mengungkapkan, “Miki Tikus adalah simbol kebaikan melampaui semua bahasa dan budaya. Saat seseorang melihat Miki, ia mendapat kebahagiaan.”

Siapa Mickey Mouse?

Kita yang mengenal Mickey Mouse pasti tahu dong bagaimana rupa tikus yang satu ini? Secara garis besar, Mickey berwarna hitam, dengan bagian kepala berupa lingkaran besar dan dua lingkaran kecil sebagai telinga. Sarung tangan berwarna putih menjadi ciri khas lainnya dari Mickey. Dan ini bukan tanpa sebab. Menurut sang pencipta, ini dilakukan agar orang bisa melihat tangannya (jika tidak, akan sulit membedakan mana tangan dan mana bagian tubuhnya yang lain).

Sebagai “superstar” Mickey memulai debut lewat Plane Crazy, yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun demikian, The Walt Disney Company memilih merayakan “hari lahir” pengganti Oswald the Lucky Rabbit ini pada 18 November 1928. Ini merupakan tanggal dimana animasi Steamboat Willie, film animasi Miki Tikus yang pertama kali menggunakan suara, dirilis.

Setelah itu, Mickey muncul di lebih dari 130 film, termasuk The Band Concert (1935), Brave Little Tailor (1938), dan Fantasia (1940). Mickey muncul terutama dalam film pendek, meski ada beberapa juga dalam film panjang. Sepuluh kartun Mickey kemudian dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik. Salah satunya, Lend a Paw, memenangkan penghargaan pada tahun 1942. Pada tahun 1978, Mickey menjadi karakter kartun pertama yang memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame.

Selain di film, Mickey Mouse juga muncul dalam buku komik (seperti Topolino Disney Italia, MM – Mickey Mouse Mystery Magazine, dan Wizards of Mickey); serial televisi (The Mickey Mouse Club); serta video game dan merchandising. Mickey juga merupakan karakter yang dapat ditemui di taman Disney.

Meskipun awalnya dicirikan sebagai karakter yang nakal atau suka main-main, Mickey lambat laun berkembang menjadi pria yang baik. Bukan saja jujur, ia juga bertindak tak ubahnya pahlawan. Pada tahun 2009, Disney mulai mengubah lagi citra karakter Mickey dengan kurang menekankan pada kepribadiannya yang ramah. Sebagai gantinya, perusahaan memperkenalkan kembali sisi kepribadian Mickey yang lebih mengancam dan keras kepala, dimulai dengan video game Epic Mickey.

(Baca juga: 10 Anak Muda Paling Berpengaruh di Dunia)

Mickey juga ambil bagian dalam permainan video Kingdom Hearts garapan Disney Interactive dan Square Enix sebagai raja istana Disney dengan Mini Tikus sebagai ratunya, Donal Bebek sebagai penyihir, dan Gufi sebagai kepala penjaga istana. Di dalam game pertama, Mickey belum terlalu banyak muncul, tetapi di sekuel Kingdom Hearts: Chain of Memories untuk Game Boy Advance, Miki sudah mulai muncul dan diperkirakan akan memainkan peran yang lebih besar di Kingdom Hearts II.

Lebih populer dari Santa Claus

Mickey Mouse mencapai masa kejayaannya dari tahun 1930-an sampai 1950-an. Pada awal tahun 1950-an, posisinya lambat laun tergeser oleh Tom and Jerry yang mempunyai rating dan penggemar lebih tinggi dari Mickey Mouse dan Silly Symphonies. Pada tahun 1955, kejayaan Mickey benar-benar tergeser oleh rekannya yang sama-sama berada di Walt Disney, yakni Donald Duck. Karakter  kartun berbentuk bebek dan bersuara cempreng ini konon mempunyai penggemar lebih banyak dari Mickey.

Tahun ini, Mickey berusia 91 tahun (18 November 1928). Tentunya ini bukan usia yang sedikit. Dibalik nama besarnya, sejumlah fakta mengenai suami Minnie Mouse ini pun bermunculan. Beberapa bahkan terbilang menarik, dan mungkin belum diketahui semua orang. Katakan saja mengenai nama aslinya, sebagian dari kita mungkin tidak pernah tahu bahwa aslinya tikus ini bernama Mortimer. Sementara sang istri, Minnie, bernama Minerva Mouse.

Tak hanya itu, Mickey Mouse juga karakter kartun pertama yang bisa bicara. Mau tahu kata pertama apa yang diucapkannya? “Hot dogs”. Dan bicara popularitas, orang bahkan menyebut Mickey Mouse lebih dikenal di seluruh dunia ketimbang Santa Claus. Wah… wah…

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

0 responses on "Mengenal Sosok Mickey Mouse, sebagai Simbol Penyebaran Budaya AS"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X