Login

Mengintip 7 Tradisi Natal Paling Unik

Sama halnya dengan Idul Fitri yang tak hanya diwarnai oleh saling memaafkan, Natal juga tak sekedar berisi Kebaktian. Untuk merayakannya, umat Kristiani juga memiliki tradisi Natal serta caranya masing-masing. Adakalanya, berbeda antara orang yang satu dengan yang lain, pun demikian negara yang satu dengan negara yang lain.

Dalam tradisi Barat, peringatan Natal bahkan mengandung aspek non-agamawi. Disini, ada banyak tradisi Natal yang bisa kita temukan, mulai dari pohon Natal, kartu Natal, hingga bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas.

Nah, bicara soal tradisi Natal, tak sedikit juga yang unik. Berikut ini kami kumpulkan beberapa diantaranya:

Pohon Mangga atau Pisang sebagai Pohon Natal, India

Jika selama ini sebagian dari kita biasa melihat pohon Natal yang sangat umum, di India ada yang unik. Alih-alih menggunakan pohon Cemara sebagai pohon Natal, negeri asal Shah Rukh Khan ini menjadikan pohon mangga atau pohon pisang sebagai pohon Natal. Tak berhenti sampai disana, di saat Natal, rumah para warga di India juga akan dihiasi daun mangga ditambah dengan lampu minyak yang diletakkan di setiap atap rumah atau di atas tembok rumah masing-masing.

Lentera Kertas sebagai Hiasan Rumah, China

Jika orang-orang di India memberdayakan daun mangga sebagai hiasan rumah, umat kristiani di Cina menggunakan lentera dan kertas untuk menghias rumahnya di saat Natal. Adapun puncak perayaan Natal di negeri ini berlangsung pada tahun baru. Saat itu semua anak-anak juga akan mendapatkan hadiah berupa baju baru, makanan serba mewah, mainan baru, dan bisa bermain kembang api. Biasanya, foto keluarga atau lukisan nenek moyang juga akan selalu dipasang di ruangan utama rumah.

Melempar Sepatu Demi Mendapat Jodoh, Ceko

Di Ceko, Natal bukan sekedar saatnya menikmati hidangan tradisional, termasuk fried carp. Ada juga takhayul bagi kalangan lajang, terutama perempuan, di mana mereka akan melemparkan sepatu dari atas bahunya. Konon katanya, jika sepatu itu mendarat tepat di pintu, para perempuan itu bakal mendapat proposal pernikahan di tahun depan.

Makan KFC, Jepang

Buat sebagian dari kita, makan KFC boleh jadi tidak seistimewa itu. Namun tidak demikian bagi orang Jepang. Di Negara “Sakura” ini, jaringan ayam goreng asal AS, Kentucky Fried Chicken (KFC), menjadi makanan wajib saat Natal. Ini bermula dari tahun 1970-an, saat manajer restoran pertama KFC Jepang memulai kampanye “pesta ember” ayam goreng. Si manajer lantas mengatakan dia terinspirasi dari pembicaraan warga asing yang mengaku kangen dengan hidangan kalkun saat Natal.

(Baca juga: Daftar Negara Paling Bersih dari Praktik Korupsi)

Dia pun memikirkan makan malam dengan ayam goreng bisa menjadi solusi, dan memasarkannya sebagai salah satu cara merayakan Natal. Pada 2016, tercatat ada 3,6 juta warga Jepang yang memutuskan merayakan Natal dengan makan malam menggunakan KFC.

Bergandengan Tangan sambil Menyalakan Lilin, Irak

Lain di Jepang, lain pula di Irak. Di neraga ini umat kristen merayakan Natal dengan berkumpul dan saling bergandengan seraya menyalakan lilin. Kegiatan itu dilakukan ketika malam Natal. Pada saat itu, akan diceritakan sebuah kisah tentang bagaimana Yesus lahir ke dunia. Setelah cerita tentang Yesus dibacakan, mereka melanjutkan acara dengan mengadakan pembakaran duri-duri dari semak.

Meletakan Nacimiento, Spanyol

Nacimiento adalah diorama tentang kelahiran Yesus Kristus. Saat Natal, biasanya orang-orang di Spanyol akan meletakkan ini di ruang tengah rumah mereka. Kemudian semua anggota keluarga harus mengelilingi diorama tersebut. Sambil berkeliling, mereka harus membaca doa dan melantunkan nyanyian bertema Natal. Uniknya dari tradisi ini adalah orang-orang biasanya akan menggantungkan sepatu-sepatu mereka.

Ngumpetin Sapu, Norwegia

Berdasarkan cerita rakyat Norwegia ketika malam Natal tiba, maka semua roh-roh jahat dan kekuatan sihir hitam akan keluar dan berkeliaran di area pemukiman warga. Karena itu, warga Norwegia percaya bahwa ketika malam Natal tiba mereka akan perlu menyembunyikan sapu sebelum tidur. Hal itu dipercaya agar nenek sihir yang keluar tidak bisa menemukan sapu untuk menggunakan kekuatan sihir jahatnya.

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

4 responses on "Mengintip 7 Tradisi Natal Paling Unik"

  1. Tradisi serasa di dunia dongeng di Norwegia :v

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X