Pentingnya Kesan yang Baik di Tempat Kerja, Yuk Lakukan Hal Ini!

Bukan tanpa alasan jika kesan pertama dianggap sebagai hal yang penting. Selain dapat secara alami membentuk opini orang, kesan pertama juga kerap menjadi acuan bagi seseorang untuk mengambil keputusan. Katakan saja di dunia kerja, ketika kita melamar sebuah pekerjaan. Kesan pertama yang baik memberi peluang lebih besar bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan yang dimaksud. Pertanyaannya, bagaimana sih caranya untuk membuat impresi atau kesan yang baik, terlebih di tempat kerja?

Seperti diketahui, kita hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama. Terlepas dari apakah itu baik atau sebaliknya, nyatanya kesan pertama sering kali berubah menjadi persepsi jangka panjang sehingga ketika kita menampilkan sesuatu yang baik, maka itulah yang akan diingat orang tentang kita.

Hal yang sama berlaku di lingkungan atau tempat kerja. Kesan yang baik dapat memberi manfaat jangka panjang dalam kehidupan profesional kita. Karena itu, pastikan untuk menunjukkan kepada rekan kerja atau atasan betapa berharganya kita sebagai bagian dari tim. Caranya bagaimana?

Melansir thebalancecareer, berikut 5 hal yang bisa dilakukan untuk menampilkan impresi atau kesan yang baik di tempat kerja:

Perhatikan etiket di tempat kerja

Mengacu pada pengertiannya, etiket bisa diartikan sebagai suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.

Etikat yang baik, dalam hal ini di tempat kerja, bukannya tidak mungkin akan membantu kita membuat kesan yang baik pada atasan. Mungkin terdengar sederhana, tapi tak sedikit orang yang kadang melupakannya. Sebagai contoh, katakan saja kita diizinkan menggunakan ponsel di tempat kerja, meski begitu, memastikan bahwa itu tidak mengganggu orang lain adalah hal yang penting.

Hadapi kesalahan, jangan salahkan orang lain

Semua orang berpotensi membuat kesalahan di tempat kerja, tak terkecuali kita. Cara kita menangani kesalahan tersebut akan lebih memengaruhi pendapat atasan tentang kita daripada kesalahan itu sendiri.

Baca juga: 5 Skill Komunikasi yang Penting Untuk Dimiliki

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakui apa yang terjadi. Jangan mengabaikan kesalahan yang diperbuat atau mencoba menyalahkan orang lain. Sebaliknya, ambil tanggung jawab penuh dan temukan cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Meskipun atasan mungkin akan kesal atas kesalahan yang kita perbuat, setidaknya dia akan menyadari bahwa kita melakukan semua hal yang benar saat menanggapinya.

Hindari topik kontroversial

Semua orang menginginkan tempat kerja yang tenang. Dimana orang-orang bisa bekerja sama secara harmonis, sehingga dapat fokus pada pekerjaannya.

Untuk mewujudkan itu, penting bagi kita untuk menghindari topik kontroversial. Katakan saja, memulai percakapan tentang topik yang membuat orang tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan pertengkaran. Sebagai contoh, topik tentang politik atau agama.

Berpakaian sopan dan sesuai

Adalah hal yang penting untuk selalu mengikuti aturan berpakaian yang ditetapkan perusahaan atau organisasi tempat kita bekerja. Sebagian besar perusahaan tidak lagi mewajibkan karyawannya memakai jas untuk bekerja, tetapi tetap penting untuk memiliki penampilan yang rapi dan bersih.

Jika pun kita diperbolehkan mengenakan jeans dan t-shirt, pastikan kondisinya baik. Begitu juga dengan sepatu, harus dalam kondisi yang baik.

Hormati rekan kerja

Ketika rekan kerja saling menghormati, mereka biasanya bergaul lebih baik. Tak ada yang lebih diinginkan seorang atasa selain melhat hubungan yang harmonis antar bawahannya.

Hindari bertindak dengan cara yang tidak baik terhadap rekan kerja. Jangan pernah mengambil kredit untuk pekerjaan orang lain, selalu berbagi beban kerja, dan minta maaf jika kita melakukan kesalahan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Pentingnya Kesan yang Baik di Tempat Kerja, Yuk Lakukan Hal Ini!"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X