Login

Percaya Nggak Percaya, 7 Game Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan lho

Main game bisa bikin bodoh, bikin malas, bikin nggak punya teman, dan sebagainya. Setidaknya itulah yang ada di benak sebagian orang, hingga akhirnya berupaya sekeras mungkin untuk menjauhkan kita dari bermain game terlalu sering. Tapi, apa iya? Well, ini tidak sepenuhnya salah, meski juga tidak bisa dikatakan benar.

Tak dipungkiri, ada banyak perdebatan terkait hal ini, utamanya mengenai bagaimana sebuah game mempengaruhi manusia. Ada yang berpendapat ini memiliki pengaruh buruk. Alasannya ya itu tadi, dapat membuat seseorang menjadi malas, menjadi bodoh dan sebagainya. Namun, ada juga pendapat bahwa bermain game bisa mendatangkan pengaruh positif bagi yang memainkannya.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Molecular Psychiatry menemukan bahwa otak mereka yang bermain game mengalami peningkatan pada jumlah grey matter, komponen utama di pusat saraf, di bagian otak yang berhubungan dengan memori, perencanaan strategis, dan juga kemampuan motorik tangan dibandingkan mereka yang tidak bermain game. Kala itu, studi ini meminta para peserta untuk bermain game ‘Super Mario 64’ selama 30 menit per hari selama lebih dari dua bulan.

Nah, jika kita mengacu pada temuan ini, bisa diambil kesimpulan bahwa bermain game tak selamanya membawa pengaruh buruk. Bahkan, ini bisa menjadi alat terapi atau bagian dari upaya meningkatkan kecerdasan otak. Dengan catatan, dimainkannya tidak secara berlebihan hingga akhirnya membuat kecanduan.

(Baca juga: Bakar Lemak Setelah Tahun Baruan, 5 Olahraga Ini Bisa Jadi Solusi)

Beberapa game berikut menyuguhi pemainnya dengan berbagai simulasi permasalahan yang harus dipecahkan dengan mengandalkan kecermatan, logika, matematika, ketelitian, dan daya ingat. Nah, game-game yang kami rangkum ini bisa digunakan untuk melatih kecerdasan otak. Tentu saja, disamping bersenang-senang. Apa saja kira-kira?

Tetris

Bicara tentang game teka-teki, tidak lengkap jika mengabaikan Tetris. Ini adalah teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada Juni 1985. Cara mainnya simple, kita hanya perlu menyusun balok dengan berbagai bentuk agar sejajar dan rapi. Dalam perjalanannya, Tetris pernah dinobatkan sebagai Game Terbaik Sepanjang Masa.

Candy Crush Saga

Siapa yang tak kenal Candy Crush Saga? Ini adalah permainan teka-teki paling populer hingga saat ini. Inti game ini adalah menukar atau membalikkan posisi permen yang berdekatan secara vertikal atau horizontal untuk menciptakan barisan permen dengan tiga atau lebih warna yang sama. Permainan yang dikembangkan oleh King ini dirilis April 2012 untuk Facebook, sebelum akhirnya meluas ke smartphone pada 14 November 2012.

The Curse

Namanya adalah identitasnya. Disini kita diharuskan untuk bisa menyelamatkan diri dari kutukan manekin. Caranya adalah dengan menjawab 100 teka-teki yang diberikan oleh si manekin tersebut. Bukan cuma daya ingat yang diandalkan disini, tetapi juga kemampuan menyusun puzzle, merancang strategi dan lainnya. Game ini digarap oleh MojoBones dan Toy Studio, dan resmi dirilis pada 23 Agustus 2012.

Roll the Ball

Dirilis pada Mei 2015 oleh penerbit BitMango dan SBS Game, Roll the Ball tak hanya mengharuskan kita mahir  menggunakan otak, tetapi juga lincah dalam menggunakan tangan. Pasalnya, dalam permainan ini kita harus menggiring bola masuk ke dalam balok merah agar dapat lanjut ke level selanjutnya.

Plumber

Seperti namanya, Plumber, disini kita berusaha untuk mencegah terjadinya banjir. Caranya mudah, yakni dengan menyambungkan pipa-pipa yang ada. Dengan Plumber, kita harus menunjukkan kemampuan beradaptasi dengan mengembangkan taktik yang efektif untuk menjadi tukang ledeng yang andal.

Onet

Permainan ini mempunyai konsep yang sederhana namun tetap menarik. Di game yang kini tersedia di Playstore ini kita hanya perlu menyingkirkan seluruh gambar yang ada dengan cara mencocokkan satu sama lain dengan batasan waktu tertentu.  Jika tidak ada rintangan di antara kedua gambar tersebut, kita  hanya dapat mencocokkan kedua gambar.

100 Doors

Lewat permainan bertajuk 100 Doors ini kita diminta untuk membuka pintu yang menghalangi. Caranya dengan berinteraksi dengan lingkungan di sekitar, entah itu dengan menyentuh atau menggeser sebuah benda, menggoang-goyangkan ponsel dan banyak lagi. Tujuannya satu, membuka pintu, baik dengan kunci  ataupun password.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 7

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 85.714286%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 14.285714%

4 responses on "Percaya Nggak Percaya, 7 Game Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan lho"

  1. buat anak-anak lebih baik jangan di kasih game gadget, mending game fisik saja seperti puzzle atau yang lainnya mengasah otak

  2. Ternyata candy chursh juga bisa meningkatkan kecerdasan 😀

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X