Problem Solving Skill, dan Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkannya

Kemampuan memecahkan masalah atau problem solving menjadi salah satu keterampilan lunak (soft skill) yang paling dicari dari seorang pelamar kerja saat ini. Problem Solving sendiri berkaitan dengan aktivitas seseorang dalam mendefinisikan masalah, menentukan penyebab masalah, menentukan prioritas, menyeleksi berbagai pilihan solusi hingga mengimplementasikan solusi tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia kerja, keterampilam untuk memecahkan masalah sama halnya dengan keterampilan lain: tak hanya bisa dimiliki atau dikuasai, tetapi juga ditingkatkan. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya, problem solving skill atau keterampilan pemecahan masalah penting untuk dimiliki oleh semua orang. Apakah ia berkecimpung di dunia akuntansi dan pemrograman komputer, atau pekerjaan kreatif seperti seni, akting, dan menulis. Pemecahan masalah bisa dikatakan merupakan inti dari evolusi manusia. Ini adalah metode yang kita gunakan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungan, mengidentifikasi hal-hal yang ingin kita ubah dan kemudian mencari tahu hal-hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan hasil yang diinginkan.

Nah, sementara sebagian orang mungkin tampak seperti telah dilahirkan dengan keterampilan ini, nyatanya ada cara yang dapat digunakan siapa pun untuk meningkatkannya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Fokus pada Solusi, Bukan Masalahnya

Ahli saraf, sebagaimana dilansir Lifehack, telah membuktikan bahwa otak kita tidak dapat menemukan solusi jika kita fokus pada masalahnya. Ini karena ketika kita fokus pada masalah, kita secara efektif memberi makan ‘hal-hal negatif’, yang pada gilirannya mengaktifkan emosi negatif di otak. Emosi ini menghalangi solusi potensial. Jadi, cobalah untuk tetap tenang. Ini akan membantu kita untuk menemukan inti masalah, dan jalan keluar sekaligus.

(Baca juga: 7 Cara Kreatif untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan)

Cari tahu penyebab masalah

Setelah kita mendefinisikan masalah dengan jelas, langkah selanjutnya adalah menggali sedikit lebih dalam untuk menemukan akar penyebab atau latar belakang masalah. Beberapa pertanyaan untuk diajukan termasuk kapan dan di mana kesulitan atau komplikasi terjadi? Mengapa masalah itu terjadi? Bagaimana hal itu terjadi?, Apa yang menyebabkan masalah tersebut? Apakah itu disebabkan oleh satu atau banyak hal? Informasi apa yang hilang? Di mana Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut? Apa yang bisa mencegah masalah tersebut? Apa yang diketahui tentang masalah serupa? hingga solusi apa yang telah dicoba sebelumnya?

Make it simple

Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Coba sederhanakan masalah kita dengan menggeneralisasikannya. Hapus semua detail dan kembali ke dasar. Coba cari solusi yang sangat mudah dan jelas – kita mungkin akan terkejut dengan hasilnya!

Temukan solusi sebanyak mungkin

Cobalah untuk menemukan sebanyak mungkin solusi. Kita harus tetap berpikiran terbuka untuk meningkatkan pemikiran kreatif, karena inilah yang nantinya akan memicu solusi potensial.

Ubah cara memandang masalah

Cobalah untuk mengubah pendekatan Anda dan lihat berbagai hal dengan cara baru. Anda dapat mencoba membalik tujuan Anda dan mencari solusi yang berlawanan! Meski terasa konyol, pendekatan yang segar dan unik biasanya menstimulasi solusi baru.

Tidur malam yang cukup

Lebih dari kondisi tidur atau terjaga lainnya, tidur Rapid Eye Movement (REM) secara langsung meningkatkan proses kreatif di otak. Tidur REM membantu “merangsang jaringan asosiatif, memungkinkan otak membuat asosiasi baru dan berguna antara ide-ide yang tidak terkait” dan “bukan karena peningkatan memori selektif” seperti konsolidasi memori, yang terjadi saat bangun.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Problem Solving Skill, dan Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkannya"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X