Login

Rekor Dunia Ini Cuma Milik Indonesia, Apa Saja?

Sebagian dari kita mungkin ada yang pernah bertanya-tanya, apa sih rekor dunia? Siapa saja yang bisa masuk ke dalamnya, dan apa saja kriterianya untuk bisa menjadi bagian dari rekor tersebut?

Well, jika mengacu pada Wikipedia, rekor dunia bisa diartikan sebagai penampilan global terbaik yang pernah dicatat dan secara resmi diverifikasi dalam olahraga atau keterampilan spesifik. Buku Guinness World Records mengumpulkan dan menerbitkan rekor-rekor terkenal dari seluruh jenis, dari prestasi manusia pertama dan terbaik, sampai terekstrim serta alam sekitar dan mendapat pengakuan secara internasional.

Di Indonesia, rekor semacam ini sendiri bukan baru sekali atau dua kali saja terjadi. Bahkan, tak sedikit diantaranya tetap bertahan dan terus menjadi rekor milik Indonesia. Nah, diantara sejumlah rekor itu, berikut 6 diantaranya:

Pulau Simping (Pulau Terkecil)

Sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, segala prestasi yang dicatatkan ke dalam rekor dunia tidak melulu harus ditorehkan oleh manusia, tetapi juga alam sekitar. Dalam konteks ini, tidak berlebihan jika sebuah pulau di Kalimantan Barat terpilih untuk masuk di dalamnya (rekor dunia). Pulau Simping, demikian pulau itu dipanggil, dinobatkan sebagai pulau terkecil di dunia.

Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Kelapa Dua itu berada di Teluk Mak Jantu, yaitu berada di kawasan Sinka Island Park, Singkawang.

Membakar Sate Terbanyak

Rekor lainnya yang hingga kini masih dipegang oleh Indonesia adalah pembakar sate terbanyak. Rekor satu ini sukses dipecahkan di Bali pada bulan Oktober 2010 silam, dengan jumlah tusuk sate yang dipanggang mencapai 101.010 tusuk.

(Baca juga: Mengenal Sosok Mickey Mouse, sebagai Simbol Penyebaran Budaya AS)

Sate-sate ini dibakar secara bersamaan oleh 1.800 orang di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Bali. Jumlah tusuk sate sendiri disesuaikan dengan tanggal pelaksanaan 10 bulan 10 tahun 2010.

Pemain Angklung Terbanyak

Rekor dunia selanjutnya adalah permainan angkung yang dilakukan oleh Indonesia dengan peserta multibangsa terbanyak. Sebanyak 5.182 orang berhasil memainkan lagu We Are The World milik Michael Jackson di Washington D.C., Amerika Serikat pada 19 Juli 2011.

Rekor yang dibukukan di Taman Nasional Mall Washington Monument ini menjadi kian unik lantaran para peserta memakai sorban khas Bali di kepalanya. Mereka memainkan angklung secara serentak berdasarkan nama-nama pulau di Indonesia yang tercantum pada angklung mereka. Pulau-pulau yang memainkan angklung ini terdiri dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Lombok, Maluku, Flores, Papua, dan Halmahera.

Penabuh Drum Terlama

Seorang drummer Indonesia, bernama Kunto Hartono, sukses menyabet gelar The Longest Marathon Drumming setelah menabuh drum dalam waktu 122 jam 25 menit. Kunto sendiri baru memperoleh sertifikat dari Guiness Book of World Record pada 10 Mei 2013, setelah rekor tersebut berhasil dipecahkan pada 1 Januari 2012. Tepatnya di kota Malang, Jawa Timur.

Rekor ini mematahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Rush Prager, yang menabuh drum selama 120 jam di Sacramento, AS, tanggal 14 Maret 2009.

Empat Rekor dalam satu waktu

Rekor Indonesia yang selanjutnya adalah terpecahnya 4 rekor dunia sekaligus dalam waktu bersamaan. Ini terjadi di Stadion Maesa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara pada 31 Oktober 2010 silam. Saat itu, tercatat 3.011 orang memainkan alat musik bambu bersama–sama dengan 1.223 orang memainkan kulintang secara massal.

Dengan kombinasi ini, mereka berhasil meraih empat rekor dunia sekaligus yang menjunjung nama Indonesia di mata dunia. Keempat rekor tersebut terdiri dari memainkan alat musik bambu terbanyak, memainkan alat musik kulintang terbanyak, instrumental musik kulintang, dan instrumental musik bambu terompet raksasa. Rekor dunia di bidang seni dan budaya ini menjadi rekor pertama baik di Sulawesi Utara maupun Indonesia.

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 7

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 42.857143%

Downvotes: 4

Downvotes percentage: 57.142857%

0 responses on "Rekor Dunia Ini Cuma Milik Indonesia, Apa Saja?"

    Leave a Message

    © 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

    Hey there!

    Sign in

    Forgot password?

    Don't have an account? Register

    Close
    of

      Processing files…

      X
      X