Login

Siapa Bilang Kuliah di Luar Negeri Mahal, 5 Negara Ini Buktinya!

Tak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa sekolah atau kuliah di luar negeri mahal. Alhasil, jangankan benar-benar bergerak dan pergi ke negara yang dicita-citakan, bermimpi saja adakalanya tak cukup memiliki keberanian. Alasannya sederhana, biaya. Padahal, tidak semua luar negeri mahal lho, untuk didatangi sebagai tempat menimba ilmu.

Percaya tidak percaya, setidaknya ada 5 negara di luar sana, dilansir dari topuniversities, yang menawarkan pendidikan terbaik, namun dengan harga yang relatif murah atau terjangkau. Mau tahu?

Norwegia

Meskipun hampir semua negara Nordik relatif terjangkau untuk dijadikan sebagai tujuan studi, namun Norwegia adalah pilihan terbaik lantaran tidak pandang bulu dalam menggratiskan biaya pendidikan, baik itu untuk mahasiswa yang berasal dari lingkup Uni Eropa ataupun di luar Uni Eropa. Dalam hal ini ketika menempuh pendidikan di universitas negeri, dengan pengecualian beberapa program tertentu.

Selain gratis, bahasa Inggris juga menjadi alasan lainnya bagi mahasiswa internasional untuk memilih Norwegia sebagai tempat belajar. Bukan saja hampir semua tingkat studi tersedia dalam  bahasa Inggris, sebagian besar penduduk di negara ini juga cukup fasih menggunakan bahasa tersebut, sehingga akan memudahkan dalam interaksi sehari-hari.

Tapi sayang, untuk urusan biaya hidup Norwegian tak berbeda dari  negara-negara Nordik lainnya, relatif mahal. Kamu akan membutuhkan sekitar NOK 139.680 atau setara Rp230 jutaan per tahun.

Taiwan

Tak terlalu jauh dari Indonesia, Taiwan menjadi negara lainnya di dunia yang bisa menjadi tujuan bagi kamu yang menginginkan pendidikan terjangkau di luar negeri. Sebagai contoh, di National Taiwan University, yang merupakan salah satu universitas terkemuka negara ini (urutan ke-72 di QS World University Rankings 2019) – biaya kuliah untuk sarjana mulai dari TW$100.920 atau setara Rp46 jutaan per tahun untuk program seni liberal, hingga TW$124.200 atau sekitar Rp57 jutaan.

Taiwan juga menawarkan lebih dari 120 kursus yang diajarkan dalam bahasa Inggris, di lebih dari 40 universitas, dan ini juga merupakan tujuan populer untuk belajar bahasa Mandarin. Biaya hidup di Taiwan, juga relatif murah, yakni sekitar TW$88.000 atau setara Rp40 jutaan.

Jerman

Ada banyak alasan mengapa Jerman menjadi salah satu negara favorit bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Itu termasuk banyaknya pilihan universitas bergengsi, biaya kuliah yang relatif terjangkau, dan kualitas hidup yang sangat baik. Jerman bahkan menggratiskan biaya kuliah untuk mahasiswa yang berkuliah di seluruh perguruan tinggi publik.

Sebagai pengecualian adalah pemilik gelar Master yang tidak mendapatkan gelar sarjananya di Jerman, akan perlu membayar sekitar €20,000 atau Rp300 jutaan per tahun. Itupun masih bisa lebih ringan lantaran kamu selalu memiliki peluang untuk mengajukan beasiswa.

Untuk biaya hidup, kamu mungkin akan perlu menyiapkan setidaknya €10,200 atau sekitar Rp170 jutaan per tahun. Dengan catatan gaya hidup kamu biasa-biasa saja.

Perancis

Biaya kuliah di Perancis sama untuk siswa domestik dan internasional, dan untuk tahun ajaran ini ditetapkan pada kisaran €170 atau Rp3 juta per tahun untuk program sarjana, €243 atau Rp4 jutaan untuk sebagian besar program magister, dan €380 atau Rp6.5 jutaan untuk program doktoral.

Nah, buat kamu yang belum lancar berbahasa Prancis, ada pilihan untuk belajar dalam Bahasa Inggris juga kok, meski sebagian besar program yang diajarkan dalam Bahasa Inggris ditemukan di tingkat pascasarjana.

Meksiko

Meksiko adalah negara lainnya yang menawarkan biaya kuliah bervariasi bagi siswa internasional. Sama seperti di Indonesia,  universitas swasta disini juga menerapkan biaya pendidikan lebih mahal, rata-rata sekitar US$ 6.300 atau Rp90 jutaan per tahun untuk siswa sarjana internasional.

Namun demikina, biaya hidup termasuk rendah di Meksiko, dengan kisaran US$ 9.250 atau Rp133 jutaan per tahun untuk standar hidup di ibukota. Meskipun bahasa pengantar utama adalah bahasa Spanyol, namun universitas-universitas di Meksiko juga menawarkan lebih banyak kursus bahasa Inggris untuk menarik minat siswa internasional.

Leave your vote

8 points
Upvote Downvote

Total votes: 10

Upvotes: 9

Upvotes percentage: 90.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 10.000000%

3 responses on "Siapa Bilang Kuliah di Luar Negeri Mahal, 5 Negara Ini Buktinya!"

  1. Melalui artikel ini kita bisa mendapat inspirasi dan semangat untuk mengejar cita cita dan mimpi melanjutkan pendidikan diluar negeri

  2. dengan usaha dan doa bisa kita capai apa yang kita inginkan

  3. Meraih mimpi besar lewat sekolah adalah jalan untuk membuka masa depan cerah. artikel ini sangat informatif buat kita yang mau lanjut study khususnya di luar negri

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X