Login

Siapa Saja Orang-orang yang Tidak Boleh Donor Darah?

Bagi sebagian orang, donor darah mungkin telah menjadi rutinitas. Donor darah secara teratur sendiri diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan saja dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh, donor darah juga dapat menurunkan kekentalan darah, sebagai salah faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Meski begitu, tahukah kalian bahwa donor darah ternyata tidak bisa dilakukan oleh semua orang?

Untuk dapat menyumbangkan darah, ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi seseorang. Dan itu bukan saja sehat jasmani dan rohani, tetapi juga ada syarat-syarat lainnya. Dari sini, baru bisa ditentukan apakah seseorang layak atau tidak untuk menyumbangkan darahnya. Nah, pertanyaannya sekarang, siapa saja orang-orang yang tidak bisa mendonorkan darah itu?

Orang dengan berat badan di bawah 50kg

Ya, nyatanya bukan saja sekedar sehat jasmani dan rohani. bahkan meski Anda sehat sekalipun, jika berat badan Anda berada di bawah 50kg, maka Anda tidak dianjurkan untuk mendonorkan darah. Kenapa?

(Baca juga: Daftar Negara Tujuan Para Pengungsi, AS Teratas)

Ini karena berat badan berhubungan erat dengan volume darah dalam tubuh. Dimana semakin ringan berat badan, maka semakin sedikit juga volume darah yang Anda miliki. Nah, jika Anda memaksakan untuk mendonorkan darah, maka berpotensi mengganggu kesehatan.

Orang yang pernah tindik tubuh

Bukan saja baru melakukan tindik tubuh, pernah melakukannya pun berpotensi membuat Anda tidak bisa menjadi pendonor darah. Tapi tentu saja, bagian tubuh yang ditindik itu tertentu, diantaranya bagian lidah, hidung, pusar, dan bagian tubuh lain yang baru dipasangkan dalam waktu 12 bulan sebelumnya. Sementara, tindik di telinga masih diperbolehkan untuk mendonor.

Orang dengan tekanan darah tinggi

Tidak mesti kalian yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. Yang pasti, jika tekanan darah kalian lebih dari 180/100 mmHg, maka kalian tidak dapat melakukan donor darah. Jikapun ini tetap dipaksakan, maka akan berbahaya bagi kondisi kalian.

Orang yang mengidap Penyakit Menular Seksual

Beberapa penyakit menular seksual seperti sifilis dan gonore sangatlah berbahaya, dan dapat menular lewat darah. Karenanya, orang-orang dengan penyakit ini tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darah. Jikapun Anda sedang dalam masa pengobatan, maka Anda baru bisa mendonorkan darah setelah 12 bulan sejak pengobatan dinyatakan selesai.

Orang dengan penyakit jantung

Bagi Anda yang mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung, katakanlah dalam waktu 6 bulan terakhir, maka Anda tidak dianjurkan untuk mendonorkan darah.

Orang dengan riwayat penggunaan Obat-Obatan Terlarang

Meski menggunakan obat-obatan terlarang tidak termasuk penyakit tubuh, namun Anda tetap tidak akan diperbolehkan melakukan donor darah bila memiliki riwayat menggunakan obat-obatan ini. Pun meski Anda sudah melakukan rehabilitasi dan tidak pernah menggunakannya lagi.

Selain orang-orang di atas, mereka yang memiliki riwayat penyakit lain seperti Hepatitis dan HIV juga tidak diperbolehkan mendonorkan darah. Sementara di tengah pandemi virus corona saat ini, mereka yang termasuk ke dalam seseorang dengan gejala COVID-19, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), juga pasien COVID-19 yang sudah sembuh, juga tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 4

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 33.333333%

1 responses on "Siapa Saja Orang-orang yang Tidak Boleh Donor Darah?"

  1. Kalau perempuan yang sedang haid apakah tetap boleh melakukan donor darah?

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X