Skill yang Dibutuhkan Karyawan Untuk Mendapat Promosi

Dalam dunia kerja, salah satu kesuksesan yang bisa diukur ialah ketika kita meraih apresiasi dan promosi. Untuk mendapatkan itu semua, pimpinan tentunya akan melihat prestasi kerja dan banyak hal lainnya. Lalu, skill apa lagi yang dibutuhkan karyawan untuk mendapatkan promosi?

Prestasi kerja yang dicapai tidak lepas dari hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh setiap karyawan. Sebab, kedua hal ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan dan keberlangsungan pekerjaan. Terlebih untuk mendapatkan apresiasi dan promosi.

Secara umum, hard skill merupakan keahlian yang berkaitan dengan kemampuan seseorang di bidang tertentu. Misalnya, kemampuan berbahasa, desain, bidang keuangan, dan lain-lain. Ada yang menyebut bahwa hard skill seseorang juga ditentukan oleh intelligence quotient (IQ).

Sebaliknya, soft skill berkaitan dengan emotional quotient (EQ) yang ditentukan oleh kecakapan seseorang. Kecakapan itu misalnya kemampuan memimpin, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan lain-lain.

Sebagai karyawan, kita harus bisa memahami dan memiliki dua hal tersebut, agar bisa memiliki kontribusi yang baik bagi perusahaan. Berkat hal ini pula, bukannya tidak mungkin bagi kita untuk meraih prestasi. Nah, dari sinilah pimpinan ataupun perusahaan akan memberikan apresiasi lebih, hingga promosi.

Lalu, skill apa saja yang dibutuhkan untuk mendapat apesiasi ataupun promosi itu?

Seperti diketahui, hard skill pada dasarnya merupakan keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, dalam hal ini dari segi kemampuan spesifik. Dengan memiliki ini, maka seseorang bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Hard skill mencakup pengetahuan dan keahlian spesifik yang dibutuhkan agar bisa sukses dalam pekerjaan.

Baca juga: 5 Skill Komunikasi yang Penting Untuk Dimiliki

Hard skill bisa dipelajari, dievaluasi, dan diukur. Maka, untuk mendapat keahlian utama ini bisa ditempuh melalui pendidikan formal dan berbagai program pelatihan. Misalnya, universitas, kursus singkat, program sertifikasi, termasuk pelatihan dari kantor itu sendiri.

Sementara itu, di dunia kerja, soft skill sama pentingnya dengan hard skill. Ini adalah atribut dan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja. Soft skill tidak bisa dipelajari dengan hafalan, mengingat kemampuan ini lebih kompleks serta melibatkan kecerdasan emosional dan empati.

Nah, gabungan dari kesemua skill ini bukannya tidak mungkin akan membawa kita pada jabatan yang lebih baik, selama kita menguasainya dengan baik pula. Adapun skill yang dimaksud itu meliputi:

Kepemimpinan

Bisa dibilang ini termasuk skill yang sangat penting, tapi sulit dimiliki. Kepemimpinan adalah kemampuan unik yang bisa dimiliki siapapun tak peduli jenjang pendidikan atau usia. Bisa dibilang, seorang pemimpin bukanlah mereka yang hanya bisa memberi perintah, tapi adalah orang yang memberikan contoh dengan tepat, bersedia menerima segala saran dan kritik, bersikap adil, dan akhirnya menetapkan keputusan secara bijaksana.

Komunikasi

Soft skill berikutnya yang perlu dikuasai jika ingin mendapatkan promosi adalah kemampuan komunikasi yang baik. Alasannya sederhana, kemampuan berkomunikasi yang baik bisa membawa kita pada hubungan yang baik pula, baik dengan sesama karyawan, atasan, ataupun klien. Kita juga dapat bekerja sama dengan baik dalam tim dan membantu seluruh anggota tim untuk berkembang bersama-sama mencapai tujuan.

Kemampuan Analisis

Skill lainnya yang harus dimiliki seseorang agar cepat mendapat promosi di tempat kerja adalah keterampilan analisis yang baik. Ini akan membantu kita bekerja dalam berbagai kondisi dan informasi yang ada.

Berbicara di Depan Publik

Jika kita sudah memasuki dunia kerja, kemampuan public speaking tentu harus diasah. Karena dalam sebuah perusahaan, kita akan mengikuti rapat yang mengharuskan setiap anggota berpendapat. Nah, disinilah kemapuan kita berbicara di depan publik diuji.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Skill yang Dibutuhkan Karyawan Untuk Mendapat Promosi"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X