Sukses Sebagai Salesperson, Kamu Wajib Punya 5 Kebiasaan Ini!

Kesuksesan merupakan salah satu pencapaian hasil akhir dari upaya keras dalam sebuah proses. Dalam dunia kerja kesuksesan seringkali diidentikan dengan pencapaian seseorang dalam mencapai tujuan mulai dari karier yang meningkat, hingga mencapai target yang ditetapkan. Bagi salesperson, salesman atau marketing, pencapaian target merupakan salah satu kesuksesan. Tapi, apa yang mendorong seseorang jadi salesperson sukses?

Untuk mencapai kesuksesan, umumnya bukan merupakan perkara mudah, perlu kerja keras, keahlian dan faktor lainnya sehingga mampu mencapai target yang menjadi bagian dari kesuksesan tersebut. Bisa dibilang, untuk menjadi sukses, salesperson membutuhkan jam terbang yang mumpuni.

Dalam perjalanannya, jam terbang seorang salesperson dibuktikan dengan banyaknya hal yang telah dilalui, sehingga menjadikannya sebagai seorang yang tangguh dan memiliki banyak strategi dalam menghadapi banyak tantangan untuk mencapai target yang ditentukan perusahaan.

Tapi tentu saja, ini juga belum lengkap. Ada hal lainnya yang mendorong seseorang menjadi salesperson sukses. Dan diantara hal-hal tersebut adalah kebiasaan yang biasa dilakukannya. Ya, setidaknya ada 5 kebiasaan yang dimiliki oleh para salesperson sukses dan dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk mencapai kesuksesan serupa, apa saja?

  1. Biasa bangun lebih pagi

Pepatah lama mengatakan “Jangan bangun siang nanti rejekinya dipatok ayam” memang benar adanya. Pepatah ini menganalogikan untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar adalah selalu tampil didepan, dengan bangun pagi ataupun berangkat pagi akan memberikan banyak keuntungan untuk mendapatkan kesempatan yang ada. Sehingga menjadi result yang baik dalam pencapaian tujuan atau target.

Kebiasaan bangun pagi juga mengindikasikan seseorang tersebut rajin. Rajin membagi waktu seefektif mungkin dalam merencanankan banyak hal di waktu yang lebih fresh. Tentunya ada dampak positif yang diuktikan dalam berbagai penelitian  yang menyebutkan bahwa bangun lebih awal dapat membuat pikiran lebih jernih, juga memiliki dampak-dampak positif lainnya bagi kesehatan dan psikologis manusia. Kebiasaan bangun pagi ini rupanya menjadi ciri khas bagi para pengusaha sukses diberbagai belahan dunia.

2. Tidak takut bermimpi besar

Jangan takut untuk bermimpi besar, dengan mimpi itulah apa yang menjadi tujuan kita bisa dicapai. Kebiasaan ini wajib dimiliki oleh seorang salesperson agar bisa sukses. Dimana, impian untuk memiliki sesuatu terkadang menjadi penyemangat bagi seseorang untuk berupaya mencapai target yang ditentukan.

(Baca juga: 6 Skill Ini Mungkin Kamu Butuhkan Usai Pandemi)

Nah, dengan mencapai target yang ditentukan ini otomatis selain mendapatka fee yang lebi besar juga akan mendapatkan reward yang lebih besar. Sehingga  dengan pencapaian tersebut hasilnya dapat digunakan untuk meralisasikan apa yang menjadi impiannya tersebut. So, jangan berhenti untuk bermimpi ya kalau ingin menjadi salesperson yang sukses.

3. Memperluas jaringan pertemanan dan relasi

“Silaturahmi adalah mempermudah jalan rejeki” merupakan salah satu ungkapan yang banyak dipegang oleh orang-orang sukses. Utamanya bagi seorang salesperson, silaturahmi adalah salah satu rahasia umum yang dimiliki.

Dengan memperluas jaringan pertemanan dan relasi maka akan mempermudah bagi para salesperson untuk memberikan penawaran atas produk maupun jasa yang dipasarkannya. Sehingga dengan banyaknya produk atau jasa yang dijual, seseorang akan dengan mudah dalam mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

4. Tidak pernah menyerah dan berhenti belajar

Seringnya bertemu dengan banya orang, dapat memberikan kekuatan tersendiri bagi seorang salesperson untuk bisa faight. Terlebih, dalam memasarkan produk atau jasa, tidak sedikit rintangan, penolakan maupun lainnya yang menggugurkan calon klien tidak jadi membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkannya.  

Banyak diantaranya yang menyerah dan berganti profesi, sebagian lainnya tidak menyerah dan justru menganggap kegagalan tersebut menjadi pemacu untuk lebih maju. Hal ini juga diambil sebagai pelajaran penting untuk menetapkan strategi yang lebih baik di masa depan. Bagi Salesperson sukses, tidak menyerah dan banyak belajar merupakan kunci keberhasilannya dalam mencapai target yang ditentukan.

5. Membuat strategi pencapaian target

Strategi merupakan sarapan keseharian bagi para salesperson sukses. Dalam aktivitasnya, para salesperson banyak memikirkan strategi untuk mencapai target yang ditentukan. Umumnya, strategi yang dibuat lebih terorganisir mulai dari menjadwal kegiatan harian, mempersiapkan alat bantu hingga menempa public speaking agar calon klien memiliki ketertarikan dalam presentasi yang dilakukannya.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 responses on "Sukses Sebagai Salesperson, Kamu Wajib Punya 5 Kebiasaan Ini!"

  1. Bukan hanya untuk “sales person”, hal ini juga berlaku untuk semua orang dealam pekerjaanya.

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X