Login

Tak Selamanya Rugi, Jadi Orang Introvert Juga Ada Untungnya

Tak ada satu orang pun di dunia ini yang memiliki kepribadian sama, bahkan anak kembar sekalipun. Hanya saja, di antara tiga jenis kepribadian manusia, ada dua sifat yang paling menonjol dan terlihat. Kedua kepribadian itu adalah ekstrovert dan introvert. Apa bedanya?

Berbanding terbalik dengan tipe ekstrovert – yang gemar bersosialisasi dan bergaul dengan banyak orang serta mudah terbuka pada orang lain, orang-orang introvert cenderung menutup diri, menyimpan perasaan sendiri, bahkan lebih suka menyendiri dibanding berbaur dalam keramaian. Bahkan nih ya, saking suka menyendirinya, orang dengan kepribadian iniseringkali dianggap seperti seorang pendiam dan enggan bergaul. Tak jarang ada juga yang dianggap seperti orang yang aneh. Nah, bagaimana dengan kalian? Termasuk orang yang introvert kah?

Oke, jangan dulu menyangkal. Pasalnya ada beberapa anggapan negatif tentang si introvert, beberapa orang justru mengingkari kalau mereka sebenarnya adalah sosok tersebut.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa ciri orang-orang yang introvert.

  1. Lebih suka menyimpan perasaan sendiri dibandingkan berbagi dengan orang lain.
  2. Menarik diri dan lebih suka menyendiri dibanding berkumpul bersama dengan orang yang tak dikenal baik.
  3. Sulit bersosialisasi dengan orang baru
  4. Tak merasa nyaman di tengah orang baru atau yang tak dikenal baik.
  5. Sering bicara pada diri sendiri atau melakukan self talking dibanding bicara dengan orang lain.
  6. Tak berani atau menghindari kontak mata langsung dengan orang lain, khususnya pada orang yang belum dikenal baik.
  7. Selektif memilih teman
  8. Merasa stres dalam situasi yang ramai
  9. Malu bicara di depan umum
  10. Tak suka basa-basi

Sosok introvert sering dianggap sebagai orang misterius. Kebanyakan orang, khususnya yang punya sifat ekstrovert mungkin enggan berkumpul atau berbaur dengan orang introvert. Namun ini bukan rumus pasti, artinya, mungkin saja ada orang dengan tipe kepribadian ini yang bisa bergaul dengan orang ekstrovert.

Sebenarnya, bergaul dengan orang introvert ataupun menjadi orang dengan kepribadian tertutup bukanlah hal yang ‘menakutkan,’ aneh, apalagi gila. Sebaliknya, menjadi sosok tersebut tanpa disadari bisa memiliki beberapa keuntungan.

(Baca juga: Percaya Nggak Percaya, 7 Game Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan lho)

Keuntungan pertama menjadi orang introvert adalah bisa mengambil keputusan yang bijak. Sebagai orang dengan tipe ini, kita punya daya analisa yang kuat, pertimbangan matang, rinci, dan tak terburu-buru.

Selain itu, menjadi seorang introvert juga berarti bahwa kita adalah sosok teman yang setia. Si introvert adalah orang yang tak mudah percaya dengan orang lain, apalagi yang baru dikenalnya, tapi begitu mereka sudah kenal baik, maka mereka adalah sosok yang loyal, setia, dan percaya teman.

Keuntungan lainnya adalah, sebagai orang introvert, kita juga lebih banyak berpikir sebelum bertindak, Artinya, kita tidak akan melakukan sesuatu atau bicara tanpa berpikir terlebih dulu. Yah, meskipun sikap seperti ini adakalanya bisa membuat orang kesal.

Kreatif juga menjadi salah satu keuntungan dari tipe ini. Kok bisa? Studi mengungkapkan bahwa orang introvert justru mampu berpikir out of the box dan kreatif dibanding orang lain. Si introvert menyerap banyak informasi dari sekeliling dan mengolahnya dengan baik, rinci, untuk menjadikan informasi sebagai ide kreatif.

Menjadi seorang yang tertutup juga berarti bahwa kita bisa menjadi pendengar yang baik, terutama untuk teman baik. Kita rela memberikan waktu untuk membaut teman mencurahkan perasaan dan masalahnya.  Kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk mendengarkan orang lain dibanding minta didengarkan.

Kekuatan seorang introvert juga terlihat dari sikap yang tak akan mudah merasa bosan. Nah, kalau yang ini bisa terlihat dari kebiasaan yang suka menyendiri sehingga tak merasa ada masalah jika teman-teman punya kesibukan sendiri. Kondisi ini berbeda dengan orang ekstrovert, yang bakal ‘kacau’ ketika ditinggalkan sendirian.

Akan tetapi, jangan dulu keburu senang karena banyak untungnya jadi introvert. Seperti dua sisi mata uang, jadi orang introvert juga ada ruginya. Apa itu?

Terkesan misterius dan kerap membuat orang salah paham adalah kekurangannya. Bagaimana tidak, sifat kita yang pendiam dan tak mudah  percaya dengan orang bakalan sering membuat kita dicap sombong, tak bisa bekerjasama, dan lainnya.

Kebiasaan overthinking atau berpikir berlebihan juga menjadi salah satu kekurangan dari si introvert. Betapa tidak, memikirkan semuanya dengan rinci adakalanya bisa menjadi pedang bermata dua yang justru bisa membuat kita kalah langkah. Ya, overthinking bisa membuat kita jadi terlalu banyak berpikir tapi tak melakukan gerakan atau tindakan apapun untuk mewujudkan tujuan. Alhasil, akibat overthinking ini pula kita jadi takut untuk melakukan apapun.

Dalam beberapa kasus, orang-orang introvert juga sering dianggap sebagai psikopat, penjahat, teroris, dan lainnya. Kenapa? Ya karena kita terlalu pendiam, jarang bergaul, dan menarik diri dari pergaulan.

Kurang bersosialisasi juga jadi masalah berat buat si introvert. Saat dihadapkan pada lingkungan baru, kita cenderung akan stress, bingung, dan lelah. Kita juga akan kesulitan untuk memulai pembicaraan. Selain karena tak terbiasa, ini juga lantaran kita merasa malu, dan canggung. Overthinking juga  membuat kita sangat sulit memulai pembicaraan.

Satu hal yang harus dihindari adalah orang-orang introvert kerap terjebak dalam zona nyamannya, dan itu terlalu lama. Orang yang terjebak di zona nyamannya akan enggan untuk melakukan perubahan dalam hidupnya. Kenyamanan akan membuat kita jadi malas usaha. Nah, masih merasa bukan sosok introvert?

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 18

Upvotes: 17

Upvotes percentage: 94.444444%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 5.555556%

6 responses on "Tak Selamanya Rugi, Jadi Orang Introvert Juga Ada Untungnya"

  1. Jadi kepikiran saya termasuk tipe apa wkwk

  2. 1 2

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X