Teamwork vs Kerja Sendiri, Mana Lebih Baik?

Setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda terhadap sesuatu, termasuk tentang bagaimana mereka menyelesaikan pekerjaan. Ada yang merasa nyaman bekerja seorang diri, alias individu, ada juga yang suka berkolaborasi atau bekerja sama (teamwork) dengan orang lain. Pertanyaannya, lebih baik mana?

Dalam dunia kerja, teamwork atau kerja tim sering kali dianggap sebagai salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Dengan teamwork, kita tidak hanya dapat bekerja lebih efektif, tetapi juga mendapat lebih banyak ide. Tentu saja, disamping dapat saling mengandalkan satu sama lain.

Katakan saja ketika kita harus menyelesaikan sebuah pekerjaan penting dan mendesak. Alih-alih dibuat stres seorang diri, kita akan terbantu dengan sumbangan ide dari rekan satu tim. Singkatnya, seperti kata pepatah, dua kepala lebih baik daripada satu.

Teamwork juga sangat penting dalam memupuk rasa sosial dan menciptakan kepedulian terhadap sesama. Ini juga dapat membantu seseorang dalam menghindari sifat egois atau mementingkan diri sendiri.

(Baca juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Teamwork di Tempat Kerja)

Katakan saja ketika sebuah ide tidak diterima. Kita harus tahu bahwa kita tidak selalu memiliki ide terbaik. Ada saat-saat dimana kita membuat kesalahan dan membiarkan orang lain membantu kita adalah pilihan paling bijaksana. Ingat, terkadang ada baiknya untuk mundur dan membiarkan orang lain mengambil kemudi.

Kerja Sendiri

Bagi sebagian, bekerja sendiri atau bekerja secara mandiri bisa jadi merupakan pilihan. Namun tak sedikit juga yang dalam perjalanannya, mungkin, ‘dipaksa’ untuk itu. Katakan saja ketika dia menjadi satu-satunya sumber daya di departemennya. Alih-alih mengandalkan teamwork, bekerja seorang diri adalah keharusan. Lain hal, jika posisi kita adalah seorang freelancer.

Tapi, terlepas dari deskripsi pekerjaan atau industri tempat kita bekerja, bekerja secara individu atau bekerja sendiri pada dasarnya memiliki beberapa keuntungan, mulai dari sangat efisien hingga terhindar dari konflik.

Bicara mengenai ide, misalnya, ketika kita bekerja secara individu atau seorang diri, tidak ada ide buruk disana. Kita juga bisa membuat atau melakukan apa pun yang kita inginkan. Tidak ada perdebatan mengenai siapa yang akan mengerjakan ini atau itu, ide siapa yang dipakai dan tidak, dan sebagainya. Hanya ada kita dan ide-ide cemerlang di kepala kita. Tentu saja, kita akan bertanggung jawab penuh atas hasilnya. Apakah itu baik ataupun buruk.

Bekerja sendiri juga tidak mengharuskan kita menunggu orang lain karena ketika kita menyelesaikan pekerjaan, tugas akan selesai. Kita tidak perlu khawatir tentang apakah si A akan mengerjakan tugasnya dengan baik atau tidak, si B akan bertanggung jawab atas perkataannya atau tidak, dan sebagainya. Semua tergantung pada kita. Apakah kita akan menyelesaikannya dengan cepat, atau sebaliknya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Teamwork vs Kerja Sendiri, Mana Lebih Baik?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X