Login

Tipe-tipe Pekerja saat WFH, Kamu yang Mana?

Virus Corona telah memperkenalkan banyak istilah baru dalam masyarakat. Salah satunya adalah Work From Home atau lebih kita kenal dengan WFH. Apa ini?

Sesuai namanya, WFH atau Work From Home adalah singkatan bekerja dari rumah atau bekerja di rumah. Secara umum biasanya work from home dikaitkan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau tempat lainnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk terus terhubung dan berkomunikasi secara digital dengan rekan atau kolega.

Dalam perjalanannya, WFH tentu saja memiliki suka duka. Di satu sisi ini bisa menghemat pengeluaran – biaya makan dan transportasi, dan mendekatkan diri dengan keluarga; di sisi lain ini juga bisa berujung pada sistem kerja yang tidak teratur. Kedekatan dengan keluarga juga bisa berakhir menjadi gangguan, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki anak.

Tak berlebihan, jika kemudian ada sebagian yang merasa jenuh dan frustasi dengan skema kerja WFH, sementara sebagian lagi menikmati dengan lebih santai. Nah, buat kamu yang selama beberapa waktu ini telah menjalani WFH, kira-kira termasuk dalam tipe yang mana nih?

Pemula dengan semua kepanikannya

Bagi orang yang terbiasa bekerja di kantor, WFH bukannya tidak mungkin menjadi dilema tersendiri. Mereka yang masuk kategori pemula ini biasanya adalah orang-orang yang baru pertama kali masuk dunia kerja. Belum juga terlalu akrab dengan sistem kerja di kantor, mereka sudah harus bekerja dari rumah, tanpa adanya pengawasan dari atasan. Ini bisa membuat mereka cenderung santai, sebelum akhirnya dibuat panik oleh pekerjaannya.

Tipe ini sangat berpotensi berantakan dalam menyelesaikan pekerjaan. Alhasil, pekerja lain mungkin akan perlu membimbingnya jika tidak ingin kesulitan bekerjasama dan menghadapi kegagapan pekerja remote pemula.

Terlahir untuk WFH

Work From Home biasanya bukan lagi hal baru bagi tipe pekerja ini. Karenanya, tidak menjadi masalah bagi mereka mesti harus bekerja di rumah atau di luar kantor serta tanpa pengawasan langsung, selama sistem dan medianya mendukung.

(Baca juga: Berkenalan dengan 6 Tokoh Penting dalam Pendidikan Indonesia)

Tipe ini bukan saja menikmati WFH, mereka juga tidak mudah panik meski harus mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Lantaran sudah terbiasa, biasanya mereka sudah memiliki jadwal kerja yang jelas. Sehingga tetap bisa mengontrol diri, mematuhi deadline, dan menjaga tingkat produktivitas.

Pekerja yang mulai frustasi

Tipe pekerja WFH yang satu ini biasanya merupakan orang yang sudah lama bekerja di kantor dan sekarang harus berpindah ke rumah untuk melakukan tugas-tugasnya. Awalnya ini terasa menyenangkan. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, karena artinya ada waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga.

Tapi setelah beberapa lama, mereka akan menyadari betapa sulitnya mengatur waktu bekerja sambil menjaga atau membimbing anak belajar. Belum lagi ditambah dengan sejumlah tugas rumah tangga.

Pejuang sejati

Kebijakan WFH bukan sebuah hal yang mengejutkan bagi tipe pekerja yang satu ini. Biasanya, mereka sudah tahu dengan segala macam kemungkinan yang akan datang terkait cara kerja ini. Apa sukanya, apa dukanya, dan bagaimana mengatasinya. Mereka adalah tipe yang sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Mereka mengatur jadwal untuk bekerja, mengurus pekerjaan rumah, hingga istirahat. Tipe ini juga sangat menyukai jadwal kerja yang berulang, karena itu membuat mereka nyaman.

Leave your vote

9 points
Upvote Downvote

Total votes: 11

Upvotes: 10

Upvotes percentage: 90.909091%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 9.090909%

8 responses on "Tipe-tipe Pekerja saat WFH, Kamu yang Mana?"

  1. good, jadi tau tipe diri saya saat WFH yang mana..

  2. Ini adalah artikel pertama saya baca di elerning.id

  3. 1 2

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X