Tips Semangat Kerja di Bulan Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan bagi masyarakat muslim merupakan bulan penuh limpahan pahala. Maka menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan kegiatan yang bermanfaat. Nah, diantara sekian banyak kegiatan itu adalah bekerja. Ya, bukan alasan bagi kita untuk tidak semangat kerja, pun meski perut kosong akibat berpuasa di bulan ramadhan. Ada caranya?

Dalam perjalanannya, saat memasuki bulan suci Ramadhan masyarakat muslim bukan saja berpuasa, tetapi juga banyak melakukan kegiatan lainnya mulai dari buka bersama, solat tarawih hingga sahur. Sehingga tak ayal, bagi sebagian yang bekerja menjadi kurang bersemangat lantaran terlalu banyak berkegiatan. 

Tapi sekali lagi, bulan Ramadhan bukan alasan untuk bermalas-malasan. Buat kalian yang bekerja, berikut beberapa tips agar kerja saat berpuasa di bulan ramadhan bisa tetap semangat.

  1. Tetapkan Niat

Hasil yang baik tergantung dari niatnya, pun demikian dengan bekerja. Untuk itu, niatkan dengan baik agar pekerjaan yang dilakukan saat puasa bisa diselesaikan dengan baik dan dilaksanakan dengan penuh semangat. So, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan, justru dengan berpuasa tetap tingkatkan semangat kerja. Karena kerja itu sendiri merupakan ibadah lho.

2. Makan Dengan Menu Seimbang Saat Sahur dan Berbuka

Menu makan selama puasa juga menentukan dalam menunjang aktivitas agat tidak mudah lelah dan haus saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Untuk meningkatkan energi dan vitalitas dalam menunjang kegiatan sehari-hari, pada saat sahur dan berbuka pilihlah menu makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Asupan nutrisi lainnya juga berperan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit serta meningkatkan stamina saat berpuasa. Jika staminanya baik, maka kerja pun akan semangat seolah bekerja di hari biasa. 

3. Perhatikan Asupan Air Putih

Seperti diketahui bersama, sebagian besar tubuh manusia merupakan cairan. Dengan kekurangan cairan akan mengakibatkan tubuh dehidrasi. Dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa saat tubuh mengalami dehidrasi, maka kita akan kehilangan daya konsentrasi, gampang lemas dan haus. Untuk itu, saat sahur dan berbuka, sebaiknya cukupkan asupan air putih agar tidak dehidrasi selama puasa.

(Baca juga: Dari Indonesia sampai China, Ini 7 Makanan Khas di Hari Lebaran)

Terlebih, air putih juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh karena bisa menjaga kadar oksigen di otak. Selain itu, imbangi juga asupan saat sahur dan berbuka dengan makanan bergizi. Agar tubuh tetap sehat dan bisa kerja secara maksimal saat berpuasa di bulan Ramadhan.

4. Manfaatkan Jam Istirahat

Di berbagai perkantoran atau tempat kerja, jam istirahat biasanya tetap diberikan kepada para pekerja. Namun tak jarang dikurangi, entah 30 menit atau lebih, dikarena tidak ada waktu makan siang. Sebagai gantinya, jam pulang menjadi lebih awal. Karena itu, gunakan waktu sebaik mungkin untuk beribadah dan beristirahan untuk memulihkan stamina, jadi saat kerja pun bisa dilakukan dengan baik dan semangat.

5. Hindari Kafein

Tips lainnya agar tetap semangat kerja meski dalam keadaan berpuasa adalah menghindari kafein. Ya, sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang, untuk minum kopi sebagai cara untuk menghalau rasa kantuk. Ini bahkan dilakukan saat bulan puasa. Padahal, dengan mengkonsumsi kafein saat berpuasa justru akan semakin membuat tambah haus. Untuk itu sebaiknya hindari konsumsi kafein saat sahur dan berbuka puasa, karena bisa menyebabkan dehidrasi atau masalah lambung.

6. Sibukan Diri & Jangan Sering Melihat Jam

Saat kerja, terlebih di bulan Ramadhan, waktu terasa lebih lambat dari biasanya. Supaya waktu puasa semakin bermakna dan tidak terasa, maka sebaiknya perbanyak kegiatan yang positif  agar tidak terlalu terasa. Salah satunya dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan. Ketika kita fokus bekerja, waktu akan serasa terlupakan. Pekerjaan akan cepat selesai dan waktu puasa jadi tidak terasa.

Nah itu dia, tips buat kalian agar tetap semangat kerja, pun meski dalam keadaan berpuasa.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Tips Semangat Kerja di Bulan Ramadhan"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X