Login

Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara

Idul Fitri atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Lebaran selalu menjadi momen yang spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Dan ini bukan tanpa alasan. Idul Fitri adalah hari besar yang dirayakan setelah berpuasa menahan hawa nafsu selama satu bulan lamanya. Tidak berlebihan jika hari spesial ini diisi dengan hal yang spesial juga. Apa yang kemudian menjadi tradisi lebaran bagi semua yang merayakannya.

Nah, jika Indonesia punya tradisi semisal mudik, berkumpul bersama keluarga, atau bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) di hari raya Idul Fitri, beberapa negara lainnya di dunia juga punya tradisinya sendiri. Dari berkunjung ke rumah-rumah tetangga, hingga menggelar festival multi kultur, berikut ini beberapa tradisi lebaran unik di sejumlah negara.

China

Meski terbilang minoritas, namun umat muslim di China merayakan hari raya Idul Fitri dengan sama meriahnya dengan Indonesia. Meski memang hanya terpusat di wilayah tertentu saja. Biasanya yang paling terasa ada di daerah Xinjiang dan Yunnan, mengingat keduanya dihuni oleh masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Seperti di Indonesia, usai Shalat Ied, umat Muslim di China akan bersilaturahmi dan makan bersama dengan keluarga dan tetangga terdekat. Sebelum kemudian berkunjung ke makam leluhur atau makam tokoh Muslim setempat untuk berziarah.

Menariknya, jika kita di Indonesia identik dengan baju baru, masyarakat muslim di China mengenakan baju khusus saat Lebaran. Ini berupa jas yang khas dan kopiah berwarna putih untuk pria, serta baju hangat dan kerudung untuk wanita.

India

Seperti di China. Meski umat muslim di India tergolong minoritas, namun perayaan Idul Fiti tidak pernah lepas dari kata kemeriahan. Pada saat hari raya beberapa makanan spesial biasanya disiapkan seperti hidangan manis yang disebut Sheer Kurma dan sejenis sohun nasi yang disebut servai.

Orang-orang akan mengunjungi bazar dan berbelanja di malam takbiran. Para wanita juga menghiasi tangan mereka menggunakan pacar serta pakaian tradisional.

Arab Saudi

Tahukah kalian, perayaan Idul Fitri di Arab Saudi sangat kental dengan pertunjukan seni. Orang-orang di negra ini biasanya merayakan Lebaran dengan membuat pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari, dan berbagai macam pertunjukkan seni lainnya.

(Baca juga: Dari Indonesia sampai China, Ini 7 Makanan Khas di Hari Lebaran)

Biasanya, rumah-rumah akan dihiasi hingga tampak meriah. Untuk makanan sendiri, bukannya ketupat ataupun opor ayam, orang-orang di Arab Saudi akan menyantap daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional.

Maroko

Sepulangnya dari sholat Ied di masjid, orang-orang di Maroko biasanya menikmati sarapan mewah berupa makanan tradisional seperti pancake Maroko dan Baghrir serta biskuit dan teh mint. Seperti halnya di Indonesia atau beberapa negara muslim lainnya, di negara ini anak-anak juga akan menerima hadiah dan uang.

Afrika Selatan

Berkunjung ke rumah sanak keluarga sepertinya telah menjadi tradisi di hampir semua negara yang merayakan hari raya Idul Fitri. Afrika Selatan bukan pengecualian. Di negara ini, setiap tahun orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town untuk menyaksikan hari terakhir bulan Ramadhan. Setelah itu mereka akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan atau tetangga dekat.

Mesir

Seperti di Indonesia dan beberapa negara lainnya, masyarakat di Mesir juga punya tradisi lebaran, yakni dengan bersilaturahmi. Bedanya, mereka hanya melakukan silaturahmi dengan keluarga saja, dan tidak dengan tetangga di sekitar.

Australia

Islam di Australia memang tergolong minoritas, namun mereka bebas merayakan hari raya Idul Fitri. Beberapa perusahaan bahkan memberi toleransi kepada karyawannya yang beragama Islam untuk libur.

Tak hanya itu, Lebaran di Australia juga tak kalah meriah. Biasanya, di hari raya ini akan digelar festival multi kultur. Festival tersebut tidak hanya melibatkan umat Muslim, tapi juga umat beragama lain untuk ikut serta memeriahkan acara tersebut. Acara ini terbuka untuk umum, bahkan pejabat tak keberatan untuk datang ke festival tersebut.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 responses on "Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara"

  1. Tertarik banget melihat beragam tradisi lebaran di berbagai negara, di Indonesia juga ga kalah menarik loh min, hehe juga di tahun ini sepertinya semua negara merasakan lebaran yang berbeda dari tahun biasanya, semoga pandemi ini cepat berlalu yah min, kangen temen-temen kampus dan segala kearifan lokal didalamnya

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X