Login

True or False, Ketahui Lebih Banyak Tentang Virus Corona

Fakta bahwa hingga saat ini Virus Corona telah menginfeksi lebih dari 2,7 juta orang di seluruh dunia, dengan lebih dari 190.000 diantaranya meninggal dunia, sepertinya lebih dari cukup untuk membuat orang dibuat cemas, panik, bahkan takut. Apalagi penyebaran virus ini juga seperti belum akan menemui akhirnya. Setidaknya dalam waktu dekat.

Tapi, alih-alih dibuat ketakutan hingga akhirnya menjadi stres, mencari tahu lebih banyak mengenai virus corona mungkin bisa jadi solusi. Setidaknya, dengan bisa membedakan mana yang benar dan ana yang salah mengenai virus penyebab Covid-19 ini kita bisa menjadi lebih waspada.

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa fakta serta mitos yang perlu kamu ketahui mengenai virus corona.

Virus Corona Sejata Biologis Buatan Kelompok Tertentu, Benar atau Salah?

Faktanya, virus dapat berubah seiring waktu. Adakalanya, wabah penyakit terjadi ketika virus yang umum pada hewan seperti babi, kelelawar atau burung mengalami perubahan dan berpindah ke manusia. Coronavirus baru kemungkinan muncul karena hal ini.

Vaksin Virus Corona Sudah Tersedia, Benar atau Salah?

Faktanya, hingga saat ini belum ada satupun obat yang telah dinyatakan benar-benar ampuh untuk menyembuhkan penyebab Covid-19 ini. Upaya pengembangan masih terus dilakukan para ilmuwan, apalagi menemukan vaksin yang aman dan efektif pada manusia bukan perkara mudah. Dibutuhkan waktu tak sebentar untuk itu. Meski begitu, titik terang mengenai hal ini tak dimungkiri mulai berdatangan dari berbagai negara.

Thermal Detector Efektif untuk Deteksi Corona, Benar atau Salah?

Faktanya, thermal detector tak lebih dari sebuah alat untuk mendeteksi gejala demam pada seseorang. Orang dengan virus Corona yang tidak memiliki gejala ini akan lolos, dikarenakan pemindai tersebut hanya bekerja untuk mendeteksi perbedaan suhu.

(Baca juga: Batuk Biasa atau Batuk karena Terinfeksi Virus Corona, Ini Bedanya!)

Beli Produk dari Luar Negeri Bisa Tertular Corona, Benar atau Salah?

Faktanya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kemungkinan terinfeksi COVID-19 dari paket komersial sangat kecil. Ini karena kemungkinan paket tersebut telah berada dalam perjalanan selama beberapa hari dan telah terpapar suhu serta kondisi yang berbeda selama transit.

Bawang Putih Bisa Cegah Infeksi Virus Corona, Benar atau Salah?

Faktanya, meski bawang putih memiliki beberapa sifat antimikroba, namun tidak ada bukti dari wabah saat ini bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari Coronavirus terbaru.

Antibiotik Efektif untuk Obati Virus Corona, Benar atau Salah?

Faktanya, antibiotik hanya dapat melawan bakteri, bukan virus. Karena itu, antibiotik tidak dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati virus ini.

Meski begitu, jika ada pasien yang dirawat di rumah sakit akibat terinfeksi Covid-19, bukannya tidak mungkin akan menerima antibiotik sebagai salah satu pengobatannya. Ini karena koinfeksi bakteri mungkin saja terjadi.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%

2 responses on "<i>True or False,</i> Ketahui Lebih Banyak Tentang Virus Corona"

  1. True or false tergantung dari keadaan kondisi, jadi bisa Saja yang true jadi false yang false jadi true.
    Terima kasih.

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X