Login

‘Usir Lemak’ Selama Pandemi, 6 Olahraga Ini Bisa Jadi Opsi

Pandemi Covid-19 tak dimungkiri telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Bukan saja cara berinteraksi dengan orang lain ataupun berpenampilan – dimana mengenakan masker menjadi keharusan, ini juga mengubah cara manusia menghabiskan waktu luang. Dari yang sebelumnya, katakana saja jalan-jalan ke mall, makan di restoran atau nonton bioskop, kini semua lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Alhasil, sejumlah kegiatan pun menjadi hobi baru bagi sebagian dari kita di tengah pandemi Covid-19. Sebagai contoh, nonton Netflix dan bercengkerama dengan drama Korea, berkebun, tidur, olah raga, memasak dan makan.

Sebenarnya, adalah hal yang lumrah jika kita mencoba untuk menemukan hobi baru untuk mengisi kegiatan. Bahkan meski itu makan sekalipun. Namun, perlu diingat juga bahwa mengantisipasi agar badan tidak menjadi lebih gemuk dari sebelumnya, dan pastinya tetap sehat, adalah hal yang penting.

Caranya bagaimana? Dengan tak melupakan olahraga sebagai upaya menjaga tubuh tetap sehat. Syukur-syukur, menjaga agar bagian lengan, pipi dan perut tidak menggemuk berlebihan.

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat di tengah pandemi Covid-19, berikut ini beberapa jenis olahraga yang efektif untuk membakar lemak dari bagian-bagian tubuh yang mudah menumpuk lemak.

Banyak Gerak

Gerakan #DiRumahSaja boleh menjadi salah satu kampanye yang digaungkan pemerintah untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona. Tapi, tidak berarti sepanjang hari tak bergerak kemana-mana alias mager (malas gerak). Asal tahu saja, banyak bergerak akan membuat proses pembakaran lemak tubuh jadi lebih mudah dan lebih cepat. Pun meski kita banyak makan.  

Lari

Lari termasuk olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Bukan cuma itu, lari juga memberi manfaat lain yaitu membantu membakar kalori dalam tubuh. Setidaknya kita akan menghilangkan 748 kalori dalam satu jam.

(Baca juga: Batuk Biasa atau Batuk karena Terinfeksi Virus Corona, Ini Bedanya!)

Namun demikian, lari juga jangan terlalu diforsir. Beristirahat tetap perlu dilakukan untuk mengambil napas. Jika sebelumnya lari bersama teman-teman terasa lebih seru, selama pandemi virus corona ini membiasakan berlari seorang diri bisa menjadi opsi. Jadikan Spotify atau pemutar musik lainnya sebagai teman.

Bersepeda

Bersepeda boleh dibilang menjadi salah satu olahraga favorit di tengah pandemi virus corona. Asal tahu saja, melakukan ini selama 60 menit bisa membakar 850-1000 kalori. Selain itu, bersepeda juga dapat melatih otot kaki.  

Berenang

Untuk yang ingin mengurangi lemak secara cepat namun malas  berkeringat, berenang adalah pilihan olahraga yang tepat. Dengan melakukan olahraga ini selama 60 menit, maka kita akan membakar 800 kalori. Bagi pemula, olahraga berenang dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.   

Aerobik

Tahukah kalian, dengan melakukan senam aerobic, setidaknya selama 60 menit, kita telah membakar sekitar 330 kalori. Selain dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh, melakukan senam aerobik juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal. Senam aerobik dengan gerakan yang menyenangkan akan menjadi cara yang mengasyikan untuk berolahraga di pagi hari.

Yoga

Yoga bukan hanya bermanfaat untuk meredakan stres atau meditasi, yoga juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih cepat bahkan dibanding aerobik. Olahraga yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini mampu menjaga bentuk tubuh secara ideal melalui latihan konsentrasi. Melakukan yoga juga akan membuat kita  memiliki pola makan yang lebih baik dan teratur.

Badminton

Indonesia terkenal dengan badminton atau bulu tangkisnya. Olahraga ini bisa membakar sekitar 300 kalori dalam 30 menit, badminton memberikan latihan kardiorespirasi yang luar biasa, membangun kekuatan. Olahraga ini juga bisa mempertahankan daya tahan tubuh lho. 

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 4

Upvotes percentage: 80.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 20.000000%

1 responses on "'Usir Lemak' Selama Pandemi, 6 Olahraga Ini Bisa Jadi Opsi"

Leave a Message

© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…

    X
    X