Work Life Balance, Apa dan Kenapa Ini Penting?

Siapa yang tidak menginginkan keseimbangan dalam hidupnya. Bisa bekerja hanya dari pagi hingga sore, bisa istirahat di akhir pekan, tak berurusan dengan pekerjaan saat berada di rumah, dan sebagainya. Singkatnya, memiliki kehidupan yang terpisah, antara pribadi dan pekerjaan. Saat ini, kita mengenalnya dengan istilah Work life balance.

Work Life Balance sendiri jika diterjemahkan memiliki arti keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan di luar pekerjaan. Sederhananya, ini adalah kondisi di mana seorang pekerja dapat mengatur dan membagi waktunya dengan baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Sedemikian penting? Tentu saja.

Nyatanya, menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi tidak hanya penting untuk kesehatan kita sebagai pekerja, ini juga dapat meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya kinerja. Hal ini karena kondisi yang kita rasakan cukup mendukung dan itu secara tidak langsung meningkatkan kepuasan dalam melakukan pekerjaan.

Baca juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Teamwork di Tempat Kerja

Selain alasan-alasan tersebut, work life balance juga memiliki manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya yang menunjukkan betapa pentingnya keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dan pribadi, sebagaimana dilansir Thehappinesindex.

Meminimalisir gangguan kesehatan

Bukan rahasia lagi bahwa ketika kita terlalu banyak bekerja, lelah atau stres – kesehatan kita akan terganggu. Keseimbangan kehidupan kerja yang buruk dapat menyebabkan berbagai gejala yang dapat memengaruhi kesehatan. Mulai dari flu hingga kondisi yang serius seperti stroke dan masalah pernapasan.

Dengan memiliki work life balance, seorang pekerja akan bahagia, dapat menjaga diri mereka, dan secara signifikan terhindar dari masalah kesehatan.

Mengurangi “Burnout” atau Stress

Burnout terjadi ketika kita merasa kewalahan dan tidak mampu memenuhi tuntutan yang datang secara terus-menerus.

Ketidakmampuan untuk memisahkan antara kehidupan pekerjaan dan pribadi akan meningkatkan kemungkinan kelelahan, jadi sangat penting untuk memiliki waktu bagi diri sendiri. Katakan saja dengan mengambil cuti atau “meninggalkan pekerjaan di tempat kerja.”

Lebih fokus dalam bekerja

Ketika kita memiliki keseimbangan yang baik antara kehidupan pekerjaan dan pribadi, kita mengembangkan kontrol yang lebih besar atas fokus dan kemampuan kita untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada.

Fokus pada pekerjaan akan membantu kita meningkatkan produktivitas, dan pada akhirnya mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

0 responses on "Work Life Balance, Apa dan Kenapa Ini Penting?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…

X
X